4 Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Protein Bayi

nutrisi bayi

Hai Ibu, bagaimana makan si Kecil hari ini? Apakah ia lahap menyantap sajian yang Ibu hidangkan? Wah, tentu Ibu senang dengan kondisi si Kecil yang doyan makan sehingga tumbuh kembang balita bisa berjalan dengan baik. Dukungan untuk tumbuh kembang balita tentu harus diimbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi untuk mendukung tumbung kembang balita adalah protein. Protein sangat dibutuhkan buah hati untuk mengganti jaringan tubuh yang telah rusak serta menjadi sumber kekebalan tubuhnya.

Sumber protein yang baik bisa didapatkan dari daging, hati, ikan, kerang, udang, ayam, telur, susu, kedelai, kacang, beras, jagung, dan kelapa. Nah, berikut ini cara ampuh yang bisa Ibu gunakan untuk memenuhi kebutuhan protein demi tumbuh kembang balita yang optimal:

  • Hitung Jumlah Kebutuhan Protein Harian

Mengetahui jumlah kebutuhan protein harian yang dibutuhkan si Kecil tentu menjadi hal wajib bagi Ibu. Meskipun kebutuhan proteinnya belum banyak, pemenuhan ini akan mendukung pertumbuhan badannya. Balita usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 13 gram dan usia 4-5 tahun membutuhkan 19 gram protein setiap hari.

  • Konsumsi susu

Sebagai sumber protein yang baik, susu bisa menjadi menu andalan si Kecil karena pada dasarnya ia sangat menyukai rasanya. Susu yang disajikan dengan sereal bisa menjadi menu sarapan favoritnya. Ibu perlu ingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula karena bisa menyebabkan obesitas dan karies gigi.

  • Konsumsi Yogurt

Yogurt yang disajikan dengan beberapa irisan apel dan pir bisa menjadi camilan sehat untuk si Kecil. Sumber protein yang memiliki rasa asam ini biasanya banyak diminati si Kecil sehingga Ibu tidak akan kesulitan untuk memberikan yogurt sebagai camilan sehatnya.

  • Sajian yang menarik

Anak-anak paling menyukai makanan dengan sajian menarik, apalagi dengan tampilan yang mirip tokoh superhero favoritnya. Ibu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat sajian makanan semenarik mungkin sehingga si Kecil lebih lahap makan.

Ibu bisa mengolah beberapa sumber protein seperti kacang-kacangan menjadi sajian khas yang enak. Misalnya, Ibu bisa menjadikan kacang hijau sebagai bubur atau kolak. Selain itu, kacang mete bisa juga Ibu olah menjadi hiasan di atas finger food handmade sehingga sangat menarik minat si Kecil.

Nah, itulah beberapa cara pintar untuk memenuhi kebutuhan protein si Kecil. Pastikan, tumbuh kembang balita berjalan optimal dengan pemenuhan nutrisi yang baik. Tentu, Ibu senang jika si Kecil tumbuh dengan baik, kan?

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Mudah Penuhi Kebutuhan Protein Bayi"