4 Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

No comment 1986 views

4 Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

Membuat bayi sendawa – Walaupun terlihatnya sepele namun tidak sedikit ibu yang frustasi karena selalu gagal dalam menyendawakan bayinya. Bagi orang dewasa mungkin bersendawa adalah hal yang mudah namun pada bayi untuk melakukan sendawa harus mendapat bantuan dari orang tuanya.

Sebenarnya pentingkah sendawa pada bayi itu? Ketika minum asi bayi sering menelan udara, hal ini yang dapat membuat bayi kembung. Agar perutnya tidak kembung untuk itu bunda harus bisa membuat bayi sendawa, tujuannya agar melepas gelembung udara yang sering membuat bayi tidak nyaman. Dengan demikian bayi tidak akan rewel, kolik, muntah dan perut kembung berkurang.

Terkadang bayi sendawa tanda kenyang setelah minum susu atau asi, tapi tidak sedikit pula bayi yang kesulitan untuk bersendawa terutama saat usia bayi 0 hingga 9 bulan karena bayi lebih banyak berbaring. Untuk itu bunda harus mengetahui cara membuat bayi sendawa setelah minum asi atau susu berikut ini.

Agar bayi sendawa setelah minum susu

1. Menengkurapkan bayi di pangkuan
Agar bayi sendawa cara mudah yang dapat Anda praktekan yaitu menengkurapkan bayi dengan cara membaringkannya di pangkuan Anda dalam posisi tengkurap. Pastikan posisi kepalanya lebih tinggi kemudian gunakan salah satu tangan Anda untuk menopang tubuhnya dan tangan yang lain digunakan untuk mengelus atau menepuk lembut punggung bayi hingga sendawa.

2. Memeluk bayi di bahu
Cara membuat bayi sendawa berikutnya yaitu dengan memeluk atau menggendong bayi menghadap belakang. Posisikan dagu bayi menopang di bahu bunda dan badannya tegak, lalu secara perlahan dan sesekali berikan tekanan dengan menepuk punggungnya.

3. Dengan posisi duduk
Bunda dapat membuat bayi sendawa dengan posisi duduk di pangkuan lalu letakan ibu jari dan telunjuk tepat pada dagunya bukan di leher, setelah itu tahan dagu bayi ke depan sehingga posisi tubuhnya condong ke depan.

4. Posisi menunggang kuda
Letakkan salah satu lengan bunda di antara kedua kaki bayi dengan menahan badannya (posisi seperti menunggang kuda). Arahkan kepala bayi ke ujung tangan bunda. Pada lengan yang lain memeluk si kecil sehingga posisi kepalanya bersandar di lengan bunda.

Membuat bayi sendawa tentu saja tidak susah jika Anda mengetaui trik dan tipsnya yang tepat. Jika keempat cara di atas belum bisa sukses Anda lakukan, jangan menyerah dan ulangi lagi. Namun Anda juga bisa menggunakan teknik lainnya dengan cara memegang ketiaknya lalu mengangkat tinggi – tinggi tapi jangan digoyang – goyangkan. Baca juga : Pentingnya Imunisasi untuk Bayi Prematur

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa"