5 Doa Ibu Hamil Wajib Dibaca Setiap Hari

No comment 345652 views

4 Doa Ibu Hamil Wajib Dibaca Setiap Hari

Doa ibu hamil – Saat hamil banyak hal yang dilakukan agar bayi lahir sehat, cerdas, dan berakhlak baik. Dari melakukan metode seperti senam, yoga ibu hamil, dan beberpa terapi medis dilakukan selama dalam kehamilan berlangsung. Namun sebagai orang beragama tentunya tidak akan seimbang jika tidak disempurnakan dengan berdoa.

Karena segala sesuatu yang ada di bumi adalah atas seijin Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa merupakan hal penting yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Terutama untuk kaum muslim doa ibu hamil berikut ini jangan sampai ketinggalan.

Kumpulan doa – doa ibu hamil

1. QS. Ali Imran 35-36
Doa untuk ibu hamil yang pertama yaitu diambil dari surat Ali Imran 35-36. Berikut adalah bacaan latinnya :
“Bismillahhirrahmaanir rahiim, Robbi inni nadzartu laka maa fii bathnii muharroron fataqobbalminnii, Innaka antas sami’ul alim”

Arti dari potongan surat di atas yaitu : Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku manjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui dan aku mohon perlindungan untuknya dan keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk.

2. Doa keselamatan ibu hamil
Doa ini adalah doa yang bertujuan untuk menjaga ibu hamil beserta janinnya dari segala marabahaya datang. Berikut adalah bacaan latinnya :
Bismillahhirrahmaanir rahiim, Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad, Thibbil quluubi wadawaaihaa, Wa’aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa, Wanuuril abshaari wa dhiyaa ihaa, Waquutil arwaahi wagidzaa ihaa, Wa’alaa aalihi washahbihi wabaarik wa sallim,

Allaahummahfazh waladaha maa daama fii bathnihaa, Washfihii ma’a ummihi antasysyaafii laa syifaaa illaa syifaa uka syifaa an laa yugoodiru saqoman, Allaahumma shawwirhu fii bathnihaa shuurotanhasanatan, Watsabbit qolbahu iimaanan bika wabiraa suulika, Allaahumma akhrijhu min bathni ummihi waqta walaada tihaa sahlan wasaliiman, Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin

Arti dari doa diatas adalah : Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah tambahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW Sebagai pengobat dan penawar hatiku, penyehat dan penyegar badanku. Sebagai sinar dan cahaya pandangan mata. Sebagai penguat dan santapan rohani. Dan kepada keluarganya dan para sahabatnya berikanlah keberkahan dan keselamatan.

Ya Allah semoga Engkau lindungi bayi ini selama ada dalam kandungan ibunya. Dan semoga Engkau memberikan kepada bayi dan ibunya Allah yang memberi kesehatan. Tidak ada kesehatan selain kesehatan Allah, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah semoga Engkau ciptakan bayi ini dalam kandungan ibunya dgn rupa yg bagus Dan semoga Engkau tanamkan hatinya bayi ini iman kepada-Mu ya Allah dan kepada Rosul-Mu.

Ya Allah semoga Engkau mengeluarkan bayi ini dari dalam kandungan ibunya pada waktu yg telah ditetapkan dalam keadaan yg sehat dan selamat. Aamin, aamin aamin yaa robbal aalamin Kabulkanlah doa kami, kabulkanlah doa kami.

3. QS. Ali Imran 38
Doa ibu hamil yang satu ini bertujuan agar mendapat keturunan yang baik. Berikut adalah bacaan latinnya :
“Rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sammi’uddu’aa”

Arti dari potongan surat di atas yaitu : Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan (doa)

4. QS. Ibrahim 40
Selanjutnya doa untuk ibu hamil ini berasal dari potongan surat Ibrahim 40, yang berbunyi : “Robbij’alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyatii robbanaa wa taqobbal du’aa”

Arti dari penggalan surat tersebut yaitu : Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.

5. QS. Al Furqan 74

Doa ibu hamil selanjutnya yaitu doa memohon keturunan yang menenangkan hati yang ada di dalam QS. Al Furqan 74, yang bertujuan untuk memiliki keturunan yang dapat menjadi penenang hati tentu menjadi dambaan bagi setiap orang dan jika menginginkan hal sama, bunda bisa melafalkan potongan surat Al-Furqan ayat 74 yang berbunyi:

“rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waaj’alnaa lilmuttaqiina imaaman”
Yang dimana artinya yaitu:

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Itulah beberapa doa ibu hamil yang tidak boleh ketinggalan dibaca sehari. Masih banyak doa – doa untuk ibu hamil lainnya seperti QS. Maryam (Surat ke-19, ayat 1-15), QS. Al-Mu’minuun ( Surat ke-23, ayat 12-14 ), QS. Ar Rahmaan (Surat ke-55, ayat 1-78), dan masih banyak lagi lainnya. Baca juga : Bunda, Perhatikan 5 Pantangan Ibu Hamil ini!

author
No Response

Leave a reply "5 Doa Ibu Hamil Wajib Dibaca Setiap Hari"