5 Hal Harus Dilakukan Saat Kehamilan 6 Bulan

No comment 46281 views

4 Hal yang Harus Dilakukan saat Usia Kehamilan 6 Bulan

Kehamilan 6 bulan – Saat kandungan mulai membesar, banyak kejadian yang akan Anda rasakan. Terlebih jika itu adalah kehamilan anak pertama. Anda akan merasakan hal mengejutkan yang belum dirasakan sebelumnya, disitulah akan menjadi pengalaman yang berharga untuk calon ibu.

Pada saat usia kehamilan 6 bulan paru – paru bayi di dalam rahim mulai berkembang dan memproduksi zat surfaktan yang berperan agar paru – paru bisa berfungsi dengan baik. Selain itu pada saat usia janin 6 bulan dalam kandungan akan terjadi perkembangan berikut ini :

– Minggu 24
Pada minggu-minggu sebelumnya kulit sempat membentuk lemak dan sekarang lemak mulai hilang. Kulitnya akan terlihat transparan dan organ-organ seperti tulang, otot dan pembuluh darahnya masih bisa dilihat melalui kulitnya. Sekarang bayi mulai bisa merasakan keseimbangan karena organ keseimbangan didalam telingan bagian dalam sudah terbentuk. Dia sudah mengetahui posisinya didalam perut. Karena rahim masih cukup besar untuk bisa bergerak, dia akan bergerak untuk membuat dirinya nyaman.

Bayi anda juga bisa merasakan gosokan diperut sang ibu, karena itu sang ibu bisa menggosok perut untuk menenangkannya jika ada suara keras yang mengagetkan. Karena bayi andapun memang sudah bisa merasakan jika ada suara keras atau gangguan disekitarnya, dia akan waspada.

– Minggu 25
Pada minggu ini kulit janin bayi sudah mulai berwarna merah muda, bukan karena kepanasan karena suhu dalam kandungan dijaga dengan sempurna oleh air ketuban. Kulit berubah warna karena dibawah lapisan kulit sudah membentuk kapiler yang kemudian diisi oleh aliran darah dalam tubuhnya, sehingga membuat warna kulit menjadi merah muda atau pink. Bayi juga sudah bisa buang air besar yang disebut mekonium yang terbentuk dalam usus besar, mekonium ini nanti akan ikut terbuang setelah dia lahir.

– Minggu 26
Pada minggu ke 26 bayi amda sudah bisa membuka dan menutup mata. Bayi anda memiliki pola tidur sendiri, jika bangun mungkin anda akan mendapati bayi anda menendang, meninju dan terus bergerak dan jika terdiam kemungkinan dia sedang tidur. Kadang jika anda beruntung, pola tidur bayi anda akan meniru pola tidur anda juga. Bayi anda sudah sudah memproduksi sistem kekebalan tubuh yang dia serap dari antibodi anda, hal ini untuk dia mempersiapkan diri saat dia lahir nanti.

– Minggu 27
Janin pada minggu ke 27 akan belajar bernafas menggunakan paru-parunya yang kini telah berkembang cepat. Dia belajar menghirup dan menghembuskan, meskipun belum menggunakan udara tapi menggunakan air ketuban. Janin dalam kandungan anda akan menunjukan aktivitas otak dan otak akan mulai bekerja sangat kompleks. Janin anda sekarang sudah bisa cegukan yang juga terjadi pada orang dewasa. Namun cegukannya tentu tidak bersuara, dia hanya akan menghenyutkan perutnya yang merupakan respon atas gerakan yang tidak terkendali pada diafragmanya.

Saat usia kehamilan mencapai usia 6 bulan Anda perlu memberi stimulasi agar agar perkembangan tubuh dan otak janin semakin pesat. Selain memberikan stimulasi, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi di bulan ke 6 kehamilan. Nah, untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anda dapat memilih menu makanan yang memberikan manfaat untuk tubuh ibu hamil dan janin. Beberapa makanan yang sangat cocok untuk ibu hamil di usia kehamilan 6 bulan adalah sebagai berikut :

  • Daging rendah lemak

Memperhatikan berat badan tubuh anda selama kehamilan bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan akan tetapi anda membatasi dengan pilihan yang tepat. Lengkapi kebutuhan gizi harian anda dari daging, pilihlah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak baik untuk ibu hamil.

  • Sayuran Hijau

Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Bahkan bagi ibu yang sudah terbiasa mengkonsumsi sayuran akan membuat bayi anda mudah menerima sayuran di masa pemberian makanan pendamping ASI.

  • Ikan salmon

Kandungan ikan salmon yang terdiri dari omega 3 berfungsi untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Perhatikan pula pilihan ikan laut yang anda konsumsi jangan sampai banyak mengandung merkuri. Merkuri akan menggangu perkembangan saraf bayi sehingga mengkonsumsi salmon selain memiliki kandungan omega 3 yang baik termasuk dalam ikan laut yang rendah merkuri. Anda dapat mengkonsumsinya dengan porsi yang sesuai kebutuhan, 12 ons per minggu.

  • Ubi jalar

Ubi jalar yang berwarna orange mengandung karatenoid yang banyak memberikan vitamin A. Seain itu ubi jalar membantu perkembangan janin dan juga mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil diantaranya folat dan vitamin C. Ubi jalar dapat anda konsumsi direbus atau dijadikan tambahan untuk sayur bening.

Dan pada saat kehamilan 6 bulan ini pula tidak sedikit ibu hamil yang mengalami berbagai macam keluhan. Untuk itu berikut adalah tips penting untuk Anda saat usia kehamilan mencapai 6 bulan.

Tips penting untuk kehamilan 6 bulan

1. Merasakan Gerakan Bayi
Saat usia kehamilan 6 bulan Anda akan mulai merasakan interaksi dari bayi yang ada di dalam kandungan. Jika ini merupakan kehamilan anak pertama, merasakan gerakan bayi adalah pengalaman yang mengagumkan. Anda akan merasakan bayi mulai menendang – nendang perut, dan saat hal itu terjadi yang harus dilakukan yaitu menggosok dengan lembut perut Anda.

2. Rajin Jalan Kaki
Berajalan kaki merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan selama masa kehamilan, apalagi saat usia kehamilan 6 bulan, berjalan kaki harus rutin dilakukan. Anda bisa berjalan selama 20 hingga 30 menit, dan bisa Anda lakukan pada saat pagi atau sore hari. Berjalan merupakan olahraga terbaik saat hamil untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Berendam
Kebanyakan ibu hamil saat usia kandungannya sudah membesar akan sering mengalami stress. Untuk itu dengan berendam menggunakan air hangat akan melepaskan rasa stres dalam tubuh Anda. Ibu hamil juga akan merasa santai saat berbaring di bak dengan berendam menggunakan air hangat.

4. Komunikasi Dengan Bayi
Menginjak usia kehamilan 6 bulan, pendengaran bayi di dalam kandungan sudah berkembang. Untuk itu ibu hamil bisa mulai berkomunikasi dengan bayi dengan cara sederhana salah satunya mendengarkan musik klasik. Hal ini dipercaya dapat membantu bayi belajar sejak dalam kandungan.

5. Duduk Dengan Posisi Kaki Terangkat

Biasanya pada sat usia kehamilan memasuki 6 bulan, beebrapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki dan pergelangan tangan akan terlihat sedikit membengkak. Ini adalah hal yang dinamakan edema, hal ini terjadi karena tubuh mempertahankan cairan dalam jaringan tubuh untuk menutrisi tubuh Anda dan janin Anda. Untuk menghindari terjadinya edema, usahakan untuk menempatkan posisi kaki terangkat saat Anda duduk. Selain itu hindari berdiri terlalu lama dan mengenakan pakaian yang ketat.

5 hal penting tersebut harus Anda lakukan saat kehamilan 6 bulan, agar Anda lebih siap untuk menyambut datangnya bayi. Semoga bermanfaat! Baca juga : Penting! Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Wajib Beli

author
No Response

Leave a reply "5 Hal Harus Dilakukan Saat Kehamilan 6 Bulan"