4 Jawaban Populer Saat Latih Belajar Jalan

bayi belajar jalan

Sudahkah si Kecil melangkahkan kakinya untuk pertama kali? Merupakan kado yang sangat istimewa bagi seorang Ibu jika melihat buah hati tersayang mulai belajar jalan. Ia mulai berusaha keras untuk melangkahkan kaki kecilnya meski harus terjatuh berulang kali lho Bu.

Untuk itu, peran Ibu memberikannya motivasi dan membantunya untuk tidak lelah latihan berjalan ya. Hujani dia dengan kata-kata pujian dan bantulah saat ia mulai terjatuh karena tubuhnya masih belum seimbang menahannya. Namun, beberapa ibu-ibu mengalami kesulitan saat melatih si Kecil berjalan. Berikut ini jawaban dari pertanyaan populer saat anak belajar jalan yang bisa membantu Ibu dan si Kecil:

  • Berjalan merupakan salah satu tahapan perkembangan motorik tulang dan otot leher, punggung, bahu, lengan, pinggul, dan tungkai. Untuk mencapai fase ini, anak terlebih dahulu melewati perkembangan sebelumnya dengan tuntas. Usia 3-4 bulan ia akan belajar untuk menggulingkan badannya hingga tengkurap. Usia 6-7 bulan, ia mulai belajar untuk duduk, kemudian saat usia 8-9 bulan ia mulai bisa merangkak dan berdiri. Barulah setelah ia bisa berdiri tegak, saatnya si Kecil belajar berjalan dengan mencoba menelusuri pinggiran meja yang ia jadikan tumpuannya.
  • Pemberian stimulasi dini untuk merangsang gerak motoriknya bisa membantunya untuk cepat berjalan. Misalnya, saat ia masih terduduk dengan manis, berikan mainan yang bisa bergerak sehingga ia terpacu untuk meraih mainan tersebut. Dengan begitu, otot-otot tubuhnya aktif untuk mengajaknya berpindah dari tempat satu ke tempat lain yang diinginkannya.
  • Beberapa orang tua beranggapan bahwa anak yangcepat berjalan berpengaruh pada perkembangan kognitifnya tau kecerdasan. Namun, hal ini dianggaop kurang tepat oleh para ahli. Sebab, perlu ditelusuri terlebih dahulu penyebab gangguan lambat jalan ini. Misalnya saja, anak menderita celebral palsy yang menyebabkan keterlambatan motorik dan kelemahan kemampuan koordinasi. Tentu saja hal ini berpengaruh pada kemampuan kognitifnya.
  • Menurut para ahli, anak tidak harus melewati fase merangkak. Banyak orang tua yang mengkhawatirkan perkembangan buah hatinya karena tidak melewati fase merangkak. Perlu Anda ketahui, jika merangkak tidak termasuk ke dalam salah satu perkembangan yang wajib dikuasai anak. Pada dasarnya, merangkak memiliki korelasi dengan kebiasaan tidur si Kecil yang telentang lho.

Jawaban ini merupakan hasil dari pertanyaan yang dilontarkan oleh ibu-ibu saat melihat anaknya berada dalam fase belajar jalan. Untuk itu, latihlah si Kecil dengan perlahan termasuk memberikan stimulasi dini agar ia senang dengan aktivitasnya. Semangat melatih si Kecil ya Bu.

author
No Response

Leave a reply "4 Jawaban Populer Saat Latih Belajar Jalan"