4 Kiat Sukses Menjaga Kebersihan Mulut Anak

4 Kiat Sukses Menjaga Kebersihan Mulut Anak

Kebersihan mulut anak – Saat masih balita, yang wajib menjaga kesehatan adalah orang tuanya karena jelas tidak mungkin seorang anak balita bisa menjaga kesehatannya sendiri. Jika Anda sering mendengarkan bahwa kebersihan merupakan pangkal kesehatan itu adalah benar, untuk itu bunda harus menjaga kebersihan si kecil agar tetap sehat.

Salah satu yang harus di jaga kebersihannya adalah mulut, biasanya bunda sering memandang sebelah mata hal tersebut padahal menjaga kebersihan mulut anak sangatlah penting karena mulut merupakan sumber awal makanan masuk ketubuh, dan bakteri akan berkembang dimulut jika tidak dijaga kebersihannya. Selain mengganggu kesehatan, tidak menjaga kebersihan mulut akan membuat mulut berbau tidak enak.

Untuk itu bunda wajib menjaga kebersihan mulut anak dengan melakukan hal – hal berikut.

Tips dan trik menjaga kebersihan mulut anak

1. Pemilihan pasta gigi yang tepat
Langkah awal untuk menjaga kebersihan mulut anak yaitu dengan memilih pasta gigi yang tepat. Bunda harus membeli pasta gigi yang tidak mengandung baking soda di dalamnya, karena bahan tersebut membuat mulut menjadi basa berkat kandungan sulfur. Mulut yang basa akan berkembang bakteri dengan subur dan akan mengakibatkan mulut bau.

2. Konsumsi serat
Dengan memperbanyak konsumsi serat seperti buah pepaya, melon, semangka dan timun akan menjaga kebersihan mulut anak karena kandungan serat dan air akan mengaja kebersihan mulut serta memperlancar pencernaan anak yang sering makan sembarangan.

3. Pebanyak Minum air putih
Sudah tidak diragukan lagi bahwa minum air putih adalah kebiasaan yang menyehatkan. Untuk itu latihlah si kecil dengan minum air putih minimal 5 gelas sehari, karena dengan memperbanyak minum air putih akan menstimulus air liur yang banyak. Air liur bisa digunakan untuk membersihkan mulut anak dan memudahkan anak dalam memlumat makanan.

4. Rutin periksa gigi
Kebiasaan baik yang harus ditanamkan pada anak adalah dengan mengajaknya secara rutin periksa gigi ke dokter, karena gigi sangat berkaitan dengan kebersihan mulut anak.Dengan memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali guna membersihkan plak atau karang gigi yang menempel pada gigi akan membuat gigi lebih bersih.

Dengan menjaga kebersihan mulut anak akan berdampak positif bagi kesehatannya. Untuk itu segera lakukan hal hal tersebut di rumah ya bunda! Baca juga : 5 Langkah Tepat Memotong Rambut Bayi

author
No Response

Leave a reply "4 Kiat Sukses Menjaga Kebersihan Mulut Anak"