4 Langkah Mudah Hadapi Anak Pemalu

No comment 1032 views

anak pemalu

Pernahkan Anda menghadap anak yang pemalu? Ya, merawat buah hati tersayang bukan hanya dari segi makanan sehat saja, tetapi juga harus memperhatikan psikologi anak. Tentu orang tua khawatir melihat si Kecil yang sangat pemalu karena akan menganggu perkembangan kehidupan sosialnya. Anak pemalu cenderung membatasi pengalaman mereka dan enggan mengambil risiko sosial, misalnya diacuhkan atau digoda oleh kawan sepermainannya. Nah, beberapa tips berikut ini membantu psikologi anak yang pemalu:

  • Gunakan Kontak Mata

Untuk mengurangi sifat pemalunya, gunakan kontak mata langsung sebagai pertanda Anda sangat sayang padanya. Secara tidak sadar, Anda  berusaha untuk memperkuat rasa percaya dirinya. Jika si Kecil tidak nyaman saat berbicara melalui kontak mata, ajarkan dia sambil menatap hidungnya. Psikologi anak akan terbangun dengan baik dengan hubungan dan dukungan orang tua yang maksimal.

  • Ajarkan Percakapan Pembuka dan Penutup

Ajarkan si Kecil dengan obrolan pembuka dan penutup agar dia semakin pede untuk berbicara di depan umum. Anda bisa melatihnya dengan adegan percakapan di telepon hingga ia terlihat mahir untuk membuka percakapan dan menutupnya dengan baik. Ajarkan juga percakapan basa-basi yang juga diperlukan saat berbincang dengan kawan-kawannya.

  • Melatih dalam Berbagai Situasi Sosial

Ajaklah si Kecil ke mana pun Anda pergi, tetapi dengan syarat bahwa acara tersebut akan memberikan pengalaman baru untuknya. Hal ini juga mampu mengembangkan psikologi anak dan menghilangkan rasa canggung serta malu. Selain itu, beragam situasi yang berbeda ini akan membuatnya nyaman jika kelak berada di kondisi yang sama. Dengan begitu, ia lebih banyak bertemu orang, mengenal table manner, memperoleh tambahan keterampilan percakapan, dan bisa mengucapkan salam dengan baik.

  • Berlatih dengan Anak yang Lebih Muda

Mengajaknya untuk berkumpul dengan kawan yang lebih muda dianggap sebagai cara yang jitu untuk mengatasi rasa malunya. Secara tidak langsung, mereka akan memulai percakapan dan secara naluri akan membuat si Kecil lebih percaya diri karena ia merasa lebih dewasa dan bisa melindungi kawan yang lebih muda darinya.

Nah, Anda harus memahami bahwa psikologi anak yang pemalu tidak bisa langsung mengalami perubahan dengan latihan di atas. Namun, Anda jangan putus asa untuk melakukannya agar si Kecil semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi. Jangan patah semangat untuk melatihnya, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "4 Langkah Mudah Hadapi Anak Pemalu"