4 Langkah Mudah Merawat si Kecil Demam

No comment 761 views

bayi demam

Melihat si Kecil rewel karena badannya demam, tentu membuat orang tua bingung. Memberikan perawatan bayi untuk mengatasi demamnya haruslah berhati-hati, terutama bagi Anda yang belum memiliki pengalaman. Sebaiknya, mintalah saran kepada mereka yang mempunyai pengalaman lebih dalam merawat si Kecil.

Setelah memberikan pengobatan medis, tentu demam si Kecil tidak bisa langsung reda begitu saja. Yah, tentu membutuhkan ketelatenan agar si Kecil bisa kembali ceria dan tidak rewel lagi. Anda perlu tahu, jika demam bukanlah suatu penyakit melainkan sebuah respons alami untuk menangkal infeksi atau benda asing yang akan masuk ke tubuhnya. Yuk, simak infromasi berikut ini mengenai cara merawat si Kecil yang demam:

  • Memberikan ASI Sesering Mungkin

Saat si Kecil terkena demam, berikan ASI sesering mungkin untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Pemberian ASI in tentu akan meningkatkan intesnsitasnya dalam membuang air kecil sehingga akan menurunkan suhu tubuhnya. Yah, meskipun demam ini bukan suatu penyakit yang berbahaya, tetapi bisa jadi ini pertanda adanya infeksi dalam tubuhnya.

  • Kompres dengan Air Hangat

Selain memberikan ASI, mengompresnya dengan air hangat akan membantu untuk menurunkan demamnya. Jangan sesekali Anda menggunakan air dingin dengan alasan agar suhu tubuhnya cepat turun. Padahal, hat tersebut tidak benar sebab akan meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah si Kecil. Selain itu, air dingin tersebut akan membuatnya menggigil sehingga akan memperparah demamnya.

  • Menjemur si Kecil di Pagi Hari

Pancaran sinar matahari di pagi hari akan membantu untuk mengurangi demamnya. Namun, jangan sampai menjemurnya hingga di atas jam 10 pagi, ya! Sebab, terik matahari yang terlalu panas akan mengurangi kelembapan kulit mulusnya sehingga kulitnya tampak kusam. Sebaiknya, saat menjemur si Kecil, lepaskan semua bajunya agar dada dan punggungnya berhadapan langsung dengan sinar matahari pagi. Untuk menjemurnya, cukup 5-10 menit saja agar terhindar dari masuk angin.

  • Hindari Pakaian yang Terlalu Tebal dan Ketat

Si Kecil yang demam tentu saja memiliki suhu tubuh yang tinggi. Untuk menurunkannya, hindari memakaikan baju yang tebal dan ketat. Sebab, baju tersebut akan menghalangi penguapan dalam tubuhnya sehingga demamnya makin parah. Pilihan baju dari kain katun akan membantunya untuk lebih nyaman saat demam.

Mudah kan, memberikan perawatan bayi yang demam? Yah, cara ini juga bisa Anda aplikasikan untuk merawat kakak si Kecil apabila ia demam juga. Anda juga bisa menempelkan pengompres instan yang bisa diperoleh di apotek terdekat. Lakukan yang terbaik, ya!

author
No Response

Leave a reply "4 Langkah Mudah Merawat si Kecil Demam"