4 Mitos yang Harus Dihindari dalam Merawat Bayi Baru Lahir

4 Mitos yang Harus Dihindari dalam Merawat Bayi Baru Lahir

Mitos merawat bayi baru lahir – Merawat bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah terlebih untuk ibu baru. Berbagai cara akan dilakukan untuk merawat bayi baru lahir agar sehat, namun sayangnya berkembangnya mitos dimasyarakat justru membuat ibu baru salah dalam merawat bayinya.

Cara merawat bayi baru lahir yang mengikuti kebiasaan turun – temurun ini terkadang tidak dapat diterima secara ilmiah dan justru merugikan untuk bayi. Perlunya informasi yang tepat agar Anda sebagai ibu baru maupun calon ibu nantinya tidak salah dalam merawat bayi. Nah, berikut bunda perlu ketahui mitos merawat bayi baru lahir yang salah dan sering beredar dimasyarakat.

Mitos dan fakta merawat bayi baru lahir

1. Mitos : Menjemur bayi
Sering kita melihat ibu yang baru memiliki bayi berjemur dipagi hari, tentu saja hal ini benar karena sinar matahari dipagi hari mengandung vitamin D yang menyehatkan untuk bayi. Kesalahan yang dilakukan oleh bunda biasanya terlalu lama menjemur bayinya, seharusnya menjemur bayi cukup 10 hingga 15 menit saja dan dilakukan sebelum pukul 08.00

2. Mitos : Dilarang memotong kuku
Memotong kuku bayi wajib dilakukan karena kuku dapat melukai tubuh bayi itu sendiri. Biasanya bayi sering menggaruk wajahnya, tentu saja jika kuku tidak dipotong akan melukai wajahnya dan di takutkan dapat berakibat fatal jika mengenai kornea mata bayi. Untuk memotong kuku bayi dengan aman Anda bisa memotongnya dengan menggunakan gunting kuku khusus bayi.

3. Mitos : Menutup tangan dan kaki dengan kaos tangan dan kaos kaki
Hal ini memang benar dilakukan agar tangan bayi tidak melukai dirinya sendiri dan menghindari bayi dari kedinginan, namun kesalahanya menutup tangan dan kaki tidak tidak harus dilakukan terlalu sering karena dapat menghambat indera peraba bayi selain itu penggunaan kaos tangan dan kaki yang terlalu ketat dapat membahayakan sirkulasi darah bayi.

4. Mitos : Menarik hidung agar mancung
Mitos merawat bayi baru lahir yang salah berikutnya yaitu menarik pucuk hidung bayi bertujuan agar hidung bayi menjadi mancung, kenyataannya tidak ada kaitannya menarik hidung bisa membuat bayi mancung. Mancung atau tidaknya hidung bayi tergantung bentuk tulang hidungnya dan gen yang diwariskan dari ayah atau ibunya.

Beberapa mitos merawat bayi baru lahir di atas harusnya Anda hindari agar tidak berakibat buruk bagi bayi. Merawat bayi baru lahir sendiri memang gampang – gampang susah, namun dengan pengetahuan dan informasi yang benar merawat bayi bisa menjadi menyenangkan. Baca juga : Proses Kehamilan Mulai Awal Hamil Hingga Melahirkan

author
No Response

Leave a reply "4 Mitos yang Harus Dihindari dalam Merawat Bayi Baru Lahir"