4 Ragam Susu Formula Untuk Bayi

No comment 1131 views

susu formula

Apakah Ibu memberikan susu formula sebagai pengganti susu bayi? Yup, meskipun ASI merupakan asupan terbaik untuk si Kecil, tetapi karena beberapa hal terpaksa Ibu memberikan susu formula sebagai pendampingnya. Misalnya saja Ibu harus bekerja sehingga tidak memungkinkan untuk menyusui sepanjang hari.

Namun, Ibu perlu mencermati pilihan susu formula agar sesuai dengan usia si Kecil agar tidak terjadi alergi atau komplikasi yang akan berisiko pada kesehatannya. Biasanya, si Kecil yang alergi susu formula akan muncul bintik-bintik merah pada kulit serta diare. Untuk menghindari hal tersebut, Ibu perlu mengetahui jenis susu formula berikut ini:

  • Susu Formula Awal

Susu bayi ini memiliki kandungan yang menyerupai ASI. Namun, tetap saja manfaatnya tidak akan menyamai kandungan ASI yang sesungguhnya. Umumnya, susu formula awal ini memiliki simbol angka 1 yang diperuntukkan untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan.

  • Susu Formula Lanjutan

Pada usia 6 bulan ke atas, si Kecil mulai bisa diberikan finger food atau makanan padat pendamping ASI. Formula pada susu lanjutan ini disesuaikan dengan tahap belajar si Kecil pada usia 6-12 bulan. Biasanya, susu lanjutan ditandai dengan angka 2 atau mencantumkan usia sasaran.

  • Susu Formula Tumbuh Kembang

Susu ini diperuntukkan untuk anak yang berusia 1-3 tahun hingga 3 tahun ke atas. Saat si Kecil telah berusia di atas setahun, kebutuhan gizinya diperoleh dari makanan padat. Ibu cukup memberinya 2 gelas susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya sehari-hari. Jadi, Ibu bisa fokus memenuhi kebutuhan gizinya melalui makanan padatnya.

  • Susu Formula Khusus

Susu khusus ini biasanya diperuntukkan untuk si Kecil yang berkelainan. Misalnya saja, untuk bayi prematur, berat badan bayi rendah, alergi susu sapi, intoleransi laktosa, sindro malabrorpsi, dan lainnya. Bayi yang memiliki permasalahan tersebut tidak akan diberikan susu formula standar biasanya.

Selain itu, di pasaran juga banyak beredar susu tinggi protein, untuk penderita diabetes, gagal hati, dan gagal ginjal. Tentu saja susu bayi ini memiliki formula khusus sesuai dengan indikasi media yang bermasalah.

Beberapa ragam susu bayi tersebut harus Ibu perhatikan agar tepat dan sesuai dengan perkembangannya. Ibu perlu mengonsultasikan dengan dokter jika si Kecil terindikasi alergi terhadap susu formula. Pilih susu bayi dengan cermat ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "4 Ragam Susu Formula Untuk Bayi"