4 Tahapan Wajib Pengenalan Makanan Bayi

No comment 2851 views

makanan bayi

Bun, berapa usia si Kecil saat ini? Memasuki usia 7 bulan, si Kecil telah diperbolehkan untuk mengunyah makanan bayi lain selain ASI. Pada masa ini, si Kecil akan lebih sering lapar seiring dengan perkembangan fisiknya yang bertambah. Untuk itu, ASI tak cukup bisa memenuhi kebutuhannya yang membutuhkan banyak energi seperti saat ini.

Si Kecil pun telah menunjukkan antusias yang tinggi saat melihat orang disekitarnya tengah mengunyah makanan. Tanpa disadari, ia ikut berkecap dan menggerakkan lidahnya ketika melihatnya. Namun, Anda tak bisa sembarangan memberikannya segala jenis makanan tanpe pengenalan terlebih dahulu. Yuk, ikuti tahapan mengenanlkan makanan bayi pada si Kecil yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini: (Baca juga: Inilah Kudapan Special dari Ayam untuk Pereda Morning Sickness)

  • Mulai dengan Makanan Bertekstur Lunak

Pada awal perkenalan ini, mulailah dengan memberinya bubur yang encer. Jangan langsungĀ  memberinya dengan bubur yang padat sebab akan mengagetkan sistem pencernaan si Kecil yang belum pernah menerima apapun selain ASI. Bubur ini akan memperkenalkan rasa manis pada si Kecil sebelum merasakan rasa lain seperti asin, gurih, pedas, dan lainnya.

  • Mulailah dengan Porsi Kecil

Pada tahap awal ini, jangan langsung memberinya dalam porsi besar meskipun ia cukup antusias makan. Berikan ia bubur encer tersebut sehari sekali dulu dengan porsi satu sampai tiga sendok teh saja agar tak membuatnya kaget. Hindari makanan yang bersifat alergen karena dapat memperburuk pencernaannya.

  • Berikan Buah dalam Bentuk Jus atau Puree

Sebagai selingan dari buburnya, Anda bisa memberikan si Kecil buah dalam bentuk jus. Hal ini perlu dilakukan agar si Kecil mengenali macam-macam makanan. Namun, pemberiannya jangan terlalu sering dulu. Sebab, banyak mengonsumsi buah dalam usia 6 bulan ini akan membahayakan lambung dan pertumbuhan giginya. Selain itu, buah dapat mengalihkan selera si Kecil dari konsumsi bubur.

  • Hindari Madu

Meskipun banyak menyimpan manfaat baik untuk kesehatan, pemberian madu dalam tahap pengenalan ini kurang baik. Madu mengandung spora bakteri yang menyebabkan penyakit botulisme yang bisa menyerang bayi. Penyakit langka ini akan ditandai dengan adanya gejala seperti sulit buang air besar, lemas, gampang menangis, kurang ekspresi dan malas menggerakkan kepala. Tentu hal ini berbaya untuk perkembangan dan pertumbuhannya kan!

Nah, Anda bisa juga mencampurkan sayur yang dihaluskan dalam makanan bayinya. Kandungan serat yang banyak dalam sayur akan melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan si Kecil. Lakukan yang terbaik, Bun!

author
No Response

Leave a reply "4 Tahapan Wajib Pengenalan Makanan Bayi"