4 Tanda-Tanda Akan Melahirkan

No comment 2282 views

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Setelah menjalani masa kehamilan selama kurang lebih 8 bulan, tibalah Anda pada usia kehamilan bulan ke-9. Seiring dengan semakin membesarnya perut Anda, pastinya Anda pun akan semakin menanti-nantikan saat dimana pada akhirnya Anda dapat menimang bayi Anda. Namun di saat yang sama, tentunya Anda akan sedikit waswas, kira-kira apa saja tanda yang wajib diperhatikan untuk mengetahui datangnya hari persalinan. Hal tersebut tentunya sangat penting, karena terlambat menyadari sedikit saja, maka persiapan persalinan Anda menjadi kurang matang. Nah, apa sajakah tanda-tanda akan melahirkan?

  • Rasa Nyeri di Bagian Selangkangan

Tanda-tanda akan melahirkan yang pertama terjadi adalah, Anda akan merasakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan di area selangkangan. Hal tersebut dikarenakan gerakan kepala janin yang sudah mulai turun dan menekan area rangka tulang pelvis. Frekuensi Anda pergi buang air kecil pun akan semakin meningkat, karena posisi kepala bayi yang menekan organ kandung kemih Anda.

  • Rasa Sakit di Bagian Panggul dan Tulang Belakang

Tidak hanya area selangkangan, Anda pun akan merasakan nyeri di bagian panggul dan tulang belakang. Hal tersebut dikarenakan pergerakan janin yang sudah mulai menekan area tulang belakang Anda. Pijat ringan di area punggung dan pinggang mungkin dapat membantu untuk sedikit meredakan rasa nyeri dan pegal tersebut.

  • Keluarnya Lendir Kental Bercampur Dengan Darah

Apabila setelah dari kamar kecil Anda menyadari bahwa terdapat lendir kental yang bercampur darah pada pakaian dalam Anda, jangan keburu panik dulu, Moms. Keluarnya lendir tersebut merupakan hal yang normal dan bukan merupakan pertanda dari sebagai penyakit.

Sebaliknya, lendir tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa saat persalinan Anda semakin dekat. Gumpalan lendir tersebut pada awalnya terletak di area leher rahim dan berfungsi untuk membantu menyegel bayi Anda di dalam rahim. Dengan semakin dekatnya waktu persalinan, leher rahim akan mulai membuka dan gumpalan lendir tersebut pun akan keluar dari dalam tubuh Anda.

  • Mulai Sering Muncul Kontraksi

Memasuki masa trimester akhir berarti Anda mulai mengalami 2 jenis kontraksi, yaitu kontraksi palsu (Braxton Hicks) dan kontraksi yang sesungguhnya. Apabila kontraksi yang Anda alami muncul di bagian punggung bawah yang merambat pada bagian bawah perut, terjadi dalam interval waktu yang teratur dan semakin sering, maka besar kemungkinan Anda tengah mengalami kontraksi asli. Kontraksi asli merupakan tanda bahwa otot rahim sudah mulai mendorong bayi keluar dari rahim. Dan apabila Anda sudah mulai merasakan kontraksi tiap 10 menit, sebaiknya Anda segera berangkat ke rumah sakit bersalin. Jangan sampai menunggu hingga air ketuban pecah ya, Moms.

Demikianlah informasi singkat mengenai tanda-tanda akan melahirkan. Semoga bermanfaat untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "4 Tanda-Tanda Akan Melahirkan"