4 Tips Aman Mengecat untuk Ibu Hamil Hindari Bayi Cacat

4 Tips Aman Mengecat untuk Ibu Hamil Hindari Bayi Cacat

Ibu hamil – Pada saat hamil, banyak sesuatu yang dipersiapkan untuk menyambut datangnya buah hati. Dari mempersiapkan segala kelengkapnnya hingga mendekorasi kamar yang cantik. Saat mendekorasi kamar biasanya hal yang pertama kali dilakukan adalah mengecat ulang tembok atau mengganti warna tembok, jika bunda ingin melakukan sesuatu hal sendiri tanpa harus menunggu suami pasti bunda akan melakukan pengecatan sendiri. Namun apakah mengecat aman untuk ibu hamil?

Dari segi positifnya mengecat sendiri akan menghemat biaya daripada kita menyuruh orang pasti akan mengeluarkan cukup banyak uang. Namun mengecat saat hamil memiliki dampak negatif yang sangat berbahaya untuk janin. Cat akan membuat Anda terpapar pada lateks, minyak, pengencer, dan lain sebagainya. Terdapat juga zat pewarna dalam cat yang mengandung logam.

Cat memiliki seabrek zat kimia yang sangat membahayakan ibu hamil. Apalagi jika cat berbasis timbal Anda bisa menghirup debu timbal. Menurut Food and DrugAdministration, Amerika, hal ini dapat memperburuk keadaan karena membuat bayi keracunan timbal sehingga mengalami keterbelakangan mental. Hasil studi lain membuktikan, ibu hamil yang terpapar pengencer kimiawi bisa meningkatkan resiko memilik anak lahir cacat.

Waaah… mengerikan ya Bunda! Tentunya bunda tidak ingin mempunyai bayi yang terlahir cacat, untuk itu cara paling gampang dan aman mintalah bantuan orang lain untuk mengerjakannya atau bunda bisa mengerjakannya sendiri saat bayi sudah lahir.

Namun apabila bunda terpaksa harus melakukan hal tersebut sendiri, perhatikan hal – hal berikut :

1. Lindungi kulit
Pada saat Anda melakukan pengecatan lindungi kulit dengan cara memakai sarung tangan, celana panjang, blus berlengan panjang, dan segala sesuatu yang menutupi kulit Anda.

2. Batasi waktu mengecat
Jangan terus menerus melakukan pengecatan, bunda harus sering – sering keluar kamar untuk sekedar menghirup udara segar dan beristrahat.

3. Patikan udara mengalir
Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar bayi mengalir dengan baik dengan membuka jendela lebar – lebar dan kenakan masker agar tidak menghirup uap cat yang mengandung partikel berbahaya.

4. Jangan makan dan minum
Usahakan bunda tidak makan dan minum saat melakukan pengecatan. Dengan begitu, Anda tidak akan menelan zat kimia berbahaya apapun.

Nah, itulah tips mengecat untuk ibu hamil yang harus diperhatikan. Jangan sampai keinginan untuk memperindah ruangan malah berdampak buruk pada calon bayi ya bunda. Baca juga : Jika Si Kecil Kurang Sehat, Waspadai Beberapa Tempat Ini, Ya!

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Aman Mengecat untuk Ibu Hamil Hindari Bayi Cacat"