4 Tips Memandikan Bayi Baru Lahir

No comment 1318 views

Perawatan BayiPerawatan Bayi – Sebagai orang tua perawatan memandikan bayi adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan bayi. Dalam hal memandikan mungkin orang tua yang sudah pernah memilliki anak mungkin akan mudah untuk memandikan atau merawat bayi.

Tetapi bagaimanakah dengan orang tua yang baru memiliki anak, tentu akan mengalami sedikit kebingungan dalam memandikan dan merawat bayi. Jadi berikut ini adalah informasi yang menjelaskan tentang 4 Tips Dalam memandikan Bayi baru lahir.

1. Jangan memaksa

Pada tahap awal, jangan terlalu memaksakan mereka untuk mandi. Mandikanlah dengan cara mengelapnya dengan washlap ataupun sponge basah, supaya mereka mulai terbiasa terkena sedikit air pada kulitnya. Setelah beberapa kali mandi dengan cara ini, mulailah memandikan bayi dengan bak mandi plastik khusus bayi yang berisi sedikit air.

2. Air setinggi 5 cm saja

Ketika memandikan bayi, banyaknya air di dalam bak maksimum 5 cm saja, atau tidak sampai menyentuh kuping bayi bila ia terlentang di bak.

3. Cek suhu air

Periksa dulu suhu air yang disiapkan untuk memandikan bayi. Air tidak boleh terlalu panas atau dingin. Caranya, celupkan sikut Anda ke air, karena bagian sikut kita lebih sensitif daripada telapak tangan. Bila ingin mencampur air panas dengan air dingin, selalu tuangkan dulu air dingin, baru tambahkan air panas. Urutan ini sangat penting, karena ada beberapa kejadian anak terseduh air panas karena disiram atau dicelupkan ke dalam air panas yang lupa dicampur air dingin.

4. Siram sedikit demi sedikit

Jangan langsung membasahi kepala bayi. Ia pasti akan menangis sekeras-kerasnya. Mulailah menyiram sedikit demi sedikit dari kaki, badan, dan tangan, baru perlahan ke kepala. Usaplah mukanya dengan waslap basah atau dengan tangan kita yang sudah basah.

Semoga informasi yang menjelaskan tentang 4 Tips Dalam memandikan Bayi baru lahir di atas dapat membantu para orang tua baru memiliki bayi dalam merawat atau memandikan bayi agar kebersihan bayi selalu terjaga.

No Response

Leave a reply "4 Tips Memandikan Bayi Baru Lahir"