5 Aturan Penting Pemberian Susu Formula untuk Si Kecil

minum susu

Sudahkan si Kecil minum susu pagi ini? Ibu yang mulai aktif bekerja, biasanya menggantikan ASI dengan susu formula agar kebutuhan gizinya tetap terpenuhi. Namun, Anda harus memahami beberapa tips berikut ini mengenai pemberian susu pada si Kecil:

  • Memilih Produk sesuai Usia

Saat membeli susu formula, pastikan Anda melihat dengan pasti usia yang tertera pada susu tersebut. Sebab, komposisi setiap susu formula disesusaikan dengan pertambahan usianya. Biasanya, susu yang banyak beredar di pasaran adalah susu sapi. Namun, jika si Kecil menunjukkan gejala alergi terhadap susu tersebut, segeralah menggantinya dengan susu kedelai atau susu kambing.

  • Mengikuti Takaran Susu yang Pas

Meskipun susu itu baik untuk pertumbuhan si Kecil, bukan berarti Anda bisa memberikannya dengan porsi yang berlebihan. Sebab, porsi yang telah tertera dalam kemasan tersebut sudah disesuaikan dengan usia dan kebutuhannya. Jika Anda memberinya susu yang terlalu encer, bisa membuat si Kecil cepat lapar. Namun, jika terlalu kental, maka berisiko terjadinya konstipasi atau sembelit.

  • Memperhatikan Kebersihan

Kandungan susu yang baik untuk tubuhnya, tentu membutuhkan dukungan lain agar tidak menimbulkan penyakit baru. Yah, kebersihan merupakan hal yang paling penting dalam perawatan si Kecil. Botol susu atau dot menjadi alat pertama yang berhubungan langsung dengan mulutnya. Jika botol susunya tidak steril, maka sama halnya Anda memasukkan bakteri-bakteri ke dalam tubuhnya. Rebuslah botol susu tersebut di dalam air mendidih agar kuman-kuman yang menempel bisa dinetralisir.

  • Jangan Menjadwalkan Minum Susu

Saat masih bayi, pemberian susu ini dilakukan sesering mungkin dalam jumlah porsi yang kecil. Namun, seiring perkembangannya, jumlah porsinya bertambah tetapi frekuensinya mengalami penurunan. Oleh karena itu, Anda tak perlu memberikan jadwal khusus minum susu agar si Kecil belajar untuk mengatur makannya sendiri. Sebagai orang tua, cukup memahami isyarat si Kecil yang sedang lapar.

  • Memahami Cara Meminumkan Susu yang Benar

Tahukah Anda cara meminumkan susu yang benar? Saat memberikan susu pada si Kecil, miringkan botolnya sedikit agar ujung dotnya selalu penuh dengan susu. Jika ujung dotnya kosong, maka si Kecil akan menyedot gelembung-gelembung udara. Oleh karena itu, bantulah si Kecil minum susu dengan memegang botolnya jika ia belum bisa melakukannya sendiri.

Nah, aturan minum susu tersebut biasanya dianggap beberapa orang tua sebagai hal yang sepele. Namun, jika hal tersebut tidak diperhatikan akan menimbulkan beberapa hal yang tidak diinginkan, misalnya si Kecil tersedak dan diare. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "5 Aturan Penting Pemberian Susu Formula untuk Si Kecil"