5 Cara Alami Obati Sariawan Bayi

No comment 861 views

bayi sariawan

Sariawan bukanlah suatu penyakit yang asing didengar karena semua orang pernah mengalaminya. Ternyata, penyakit ini tidak hanya mengintai orang dewasa saja, tetapi bayi sehat juga bisa mengidap sariawan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi faktor utama yang memicu timbulnya jamur pada mulut sehingga menyebabkan sariawan pada si Kecil.

Tumbuhnya jamur yang berjenis Candida Albicans pada mulut mungil buah hati bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan puting susu. Daya tahan tubuh si Kecil memang belum sempurna sehingga mudah terserang oleh beberapa penyakit yang mengintainya. Jika saat ini bayi sedang sariawan, segeralah melakukan pengobatan agar nafsu makannya tidak menurun. Berikut ini, cara alami mengobati sariawan pada bayi yang bisa Anda coba:

  • Mengonsumsi Makanan Tinggi Probiotik

Untuk mengobati si Kecil yang sariawan, Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi prebiotik. Jenis kudapan ini dapat menjaga keseimbangan bakteri sehat dan menghalangi tumbuhnya jamur penyebab sariawan. Sumber prebiotik banyak terdapat pada kimchi, yoghurt, dan suplemen tinggi prebiotik.

  • Pilih Makanan yang Tepat

Memperbanyak kudapan yang bernutrisi tinggi akan membantu memperkuat sistem imun buah hati tercinta. Dengan begitu, si Kecil akan terjaga dari beberapa penyakit yang memburunya. Hindari makanan kaleng dan siap saji karena banyak mengandung bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan Anda dan bayi.

  • Mengoleskan Cuka Sari Apel

Perlu diketahui, jika jamur dan cuka tidak bisa hidup berdampingan. Maka dari itu, manfaatkanlah cuka sari apel untuk mengobati sariawan yang saat ini diderita si Kecil dengan mengoleskannya pada puting susu. Hal ini bisa membantu menekan tumbuhnya jamur yang menyebabkan sariawan pada si Kecil tersayang.

  • Mengoleskan Minyak Kelapa

Sama halnya dengan cuka sari apel, minyak kelapa juga bisa mencegah jamur pemicu sariawan. Minyak kelapa juga dikenal sebagai obat anti jamur alami yang sangat bagus dan aman untuk bayi Anda. Dengan mengoleskannya pada puting susu, maka pertumbuhan jamur pada mulut imut si Kecil bisa mudah diatasi.

  • Tetesi Ekstrak Biji Buah Anggur

Tidak hanya minyak kelapa saja yang menjadi anti jamur aman untuk bayi, Anda juga bisa memanfaatkan sari buah anggur. Caranya, encerkan ekstrak biji buah anggur dengan sedikit air kemudian teteskan pada mulutnya. Meski rasanya pahitnya sedikit menyiksa si Kecil, tetapi tetaplah rutin untuk menetesinya agar sariawan segera sembuh.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan si Kecil. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan puting susu agar bayi sehat terjaga dari beberapa penyakit yang mengintai mulutnya.

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Alami Obati Sariawan Bayi"