7 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

No comment 1154 views

anak susah makan

Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan – Sebagai orang tua, tentu anak susah makan menjadi suatu permasalahan yang sering dialami. Yah, banyak juga orang tua di luar sana mengalami hal serupa. Tentu saja kekhawatiran akan pertumbuhannya menjadi hal utama yang sangat dipikirkan orang tua. Tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian akan menjadi penghalang baginya di golden age saat ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan berikut ini yang dikutip oleh tim katalogibu.com:

  • Hidangkan dengan Porsi Kecil

Lambung anak berbeda dengan orang dewasa ya, Bu! Oleh karena itu, jangan menyamakan porsinya dengan porsi makan kakak-kakaknya. Bisa jadi yang menimbulkan ia tak selera makan karena jumlah porsi sajian yang terlalu banyak sehingga si Kecil ‘eneg’ saat melihatnya di atas meja makan.

Ibu juga perlu tahu, jika paradigma yang beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa anak banyak makan itu baik. Padahal, asupan makanan yang tidak sesuai porsi justru berbahaya bagi si Kecil, seperti meningkatkan risiko obesitas. Berikan sesuai porsinya ya, Bu!

  • Buatlah Variasi Makanan

Umumnya, si Kecil memiliki kudapan favorit yang selalu ditanyakan saat ia mulai lapar. Namun, sesekali Anda bisa menggantinya dengan menu makanan lain agar si Kecil tidak bosan dan memicu kurangnya nafsu makan. Anda juga bisa memvariasikan makanan favoritnya tersebut menjadi sajian lain agar ia kembali berselera makan.

  • Sajian Unik

Penyajian yang unik merupakan salah satu cara untuk menarik minat makannya. Anda bisa berselancar di internet atau majalah untuk berkreasi dengan bentuk-bentuk makanan si Kecil. saat ia membuka kotak makannya di sekolah, ia akan senang dengan kudapannya tersebut sehingga nafsu makannya bisa baik lagi.

  • Menjaga Perasaan Anak

Dalam situasi yang tidak menyenangkan, nafsu makan si Kecil biasanya akan menurun. Yah, perasaan sedih akibat orang tuanya memarahinya dapat menurunkan seleranya terhadap makanan. Jangan sekali-kali Anda memarahi si Kecil yang sedang makan karena dapat menghentikan makannya. (Baca juga:Cara Yang Tepat Mengatasi Anak Susah Makan)

  • Membuat Jadwal Makan Teratur

Dengan membiasakan makan teratur dapat membuat alarm si Kecil secara otomatis yang menandakan waktu makan. Ia akan terbiasa makan dalam waktu yang sama setiap hari. Dengan begitu, Ibu lebih mudah mengontrol makannya oada jam-jam tersebut.

  • Berikan Contoh yang Positif

Jangan pernah menyuruh buah hati menghabiskan brokoli dan wortel di piringnya, jika Anda sebagai orangtua tidak melakukan hal yang sama. Cara yang paling mudah untuk mengatasu anak susah makan adalah dengan menunjukkan contoh positif. Dengan demikian mereka akan mengikuti Anda tanpa banyak alasan.

  • Jauhkan Anak dari Gangguan

Saat makan, usahakan untuk menjauhkan gangguan yang akan mengganggu perhatian buah hati dari piring makannya. Matikan televisi dan terapkan aturan untuk tidak membawa barang elektronik ke ruang makan. Ini akan membantu anak Anda untuk tetap fokus pada makanan yang ada di hadapannya. Dan ingat, iklan di televisi akan mendorong si Kecil menginginkan makanan manis dan tidak sehat.

Baca juga : Cara Yang Tepat Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan, tentu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari orang tua. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan menambahkan suplemen. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "7 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan"