5 Cara Jitu Bangun Percaya Diri Anak

No comment 1054 views

anak minder

Orang tua perlu memahami psikologi anak agar bisa mengatasi permasalahan pada diri buah hati tersayang, misalnya saja kurangnya rasa percaya diri. Hal ini memang perlu dibangun sejak dini agar si Kecil tumbuh menjadi insan tangguh dalam menghadapi permasalahannya kelak. Memiliki anak dengan yang penuh percaya diri tentu menjadi harapan orang tua agar kelak buah hati tercinta bisa bergaul dengan orang disekitarnya.

Yuk, simak informasi mengenai cara membangun rasa percaya diri pada anak berikut ini:

  • Berikan perhatian penuh

Saat si Kecil menggebu-gebu ingin bercerita kepada Ibu tentang kejadian sepele yang dialami di sekolah, berikan perhatian secara penuh agar tumbuh rasa percaya dirinya. Dari kacamata psikologi anak, hal tersebut bisa membantu si Kecil menyadari bahwa dirinya penting dan berharga.

  • Biarkan si Kecil menemukan problem solving

Permainan yang mengasah otak misalnya puzzle terkadang menjadi permasalahan si Kecil karena tidak bisa memasangkan potongan yang cocok. Biarkan potongan gambar yang belum cocok tersebut ditemukan sendiri oleh si Kecil agar dia belajar mendapatkan problem solving atas masalahnya.

Ibu jangan terburu-buru menawarkan bantuan untuk menghadapi permasalahan sepele tersebut agar buah hati menjadi pribadi yang percaya diri dan mandiri. Ibu hanya perlu membimbing dan mengawasi saat ia sangat asik dengan mainannya.

  • Hargai prestasi anak

Menghargai prestasi anak bukan berarti memberikan imbalan barang mewah saat si Kecil mendapatkan nilai 100. Ibu bisa melakukan hal sepele seperti memberikan pujian atau memajang hasil karyanya di ruang keluarga. Hal ini justru membuat si Kecil bangga terhadap prestasi yang didapatnya.

  • Hindari perbandingan

Secara psikologi anak, membandingkan kelebihan dengan saudara kandungnya merupakan hal yang perlu dihindari. Hal ini memperburuk rasa percaya diri anak dan dapat menimbulkan permusuhan antar saudara.

Tentu saja Ibu paham mengenai kelebihan masing-masing anak yang pastinya memiliki perbedaan. Ibu harus menerima kekurangan mereka dan mendukung penuh kelebihan yang mereka miliki masing-masing.

  • Biarkan dia memilih teman

Memberikan kebebasan untuk memilih teman bermainnya sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Sebagai orang tua, Ibu cukup mengontrol pergaulannya agar tidak sampai terjerumus pada hal negatif.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Ibu bisa lakukan untuk membangun rasa percaya diri si Kecil. Psikologi anak tentu perlu Ibu pelajari agar bisa membimbing si Kecil menjadi pribadi yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Jitu Bangun Percaya Diri Anak"