5 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Benar dan Aman

5 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Benar dan Aman

Menggunting kuku bayi – Berbeda dengan orang dewasa, bayi memerlukan bantuan dan perhatian untuk melakukan apapun, untuk itu sebagai orang tua Anda harus peka terhadap kondisi tersebut. Seperti contohnya saat Anda melihat kuku si kecil panjang itu artinya harus segera dipotong. Mungkin sebagai ibu baru Anda merasa takut untuk memotong kuku bayi baru lahir tapi hal ini sangat penting demi kebaikan bayi Anda.

Kita tidak mungkin mengetahui apa yang terjadi pada malam hari ketika Anda sedang tidur kemudian bayi merasa gatal pada bagian wajah sehingga ia menggaruk wajahnya dan membuat terluka akibat kuku yang panjang. Itulah sebabnya sangat penting sekali untuk mengunting kuku bayi jika sudah terlihat agak panjang, bahkan jangan sampai membiarkan kuku bayi sedikit saja terlihat panjang.

Jika Anda belum bisa menggunting kuku bayi sehingga khawatir untuk melakukannya karena takut meluka bayi, berikut tips menggunting kuku bayi yang aman dan perlu Anda perhatikan.

Tips cara menggunting kuku bayi

1. Lakukan Sesudah Bayi Mandi

Memotong kuku bayi disarankan dilakukan setelah mandi. Alasannya karena setelah mandi kondisi kuku dalam keadaan lunak akibat terkena air. Nah, kuku yang lunak akan mudah saat dipotong. Anda juga bisa menggunting kuku bayi, saat si kecil tidur. Sebab, di saat tidur bayi tidak akan terlalu bergerak banyak sehingga Anda lebih mudah untuk menggunting kukunya.

2. Gunting Kuku Dua Kali Seminggu

Kuku bayi yang terlalu panjang akan menyulitkan ibu saat mengguntingnya. Karena itu sebaiknya seringlah menggunting kuku bayi. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Alasannya karena kuku bayi cepat tumbuh. Kuku yang terlalu panjang juga bisa melukai wajah bayi sendiri.

3. Menggunakan Gunting Kuku Khusus

Agar lebih aman dan tidak mencederai kuku bayi yang masih kecil, sebaiknya Anda menggunakan gunting kuku khusus bayi. Gunting kuku ini akan lebih memudahkan ibu saat menggunting kuku bayi karena bentuk gunting yang melengkung.

4. Membersihkan Kuku Bayi Dahulu

Sebelum kuku bayi digunting, periksa dahulu apakah terselip kotoran di dalam kuku bayi. Jika ada kotoran sebaiknya, bersihkan terlebih dahulu kuku bayi. Caranya mudah saja, basahi cotton bud dengan air. Jadi saat menggunting kuku akan lebih mudah karena ibu tidak lagi perlu repot membersihkan kotoran selesari digunting.

5. Menghaluskan Kuku Bayi

Setelah selesai menggunting semua kukunya, kikirlah dengan menggunakan kikir khusus bayi atau kikir koleksimu. Lakukan ini secara perlahan ya, jangan terlalu kencang seperti Anda mengikir kukumu sendiri. Kikir kuku hingga bagian tajamnya menghilang.

Tidak susah bukan menggunting kuku bayi dengan aman? Selain itu ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan saat memotong kuku bayi baru lahir adalah jangan terlalu pendek agar tidak melukai bayi saat memotongnya dan memotong kuku di tempat yang pencahayaannya pas seperti di halaman rumah. Baca juga : Ini Bunda Trik Tepat Mengatasi Jamur Kuku Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Menggunting Kuku Bayi yang Benar dan Aman"