5 Cara Mudah Merawat bayi Prematur

No comment 1302 views

KMC

Hai Ibu, bagaimana kabar si Kecil? Si Kecil yang prematur perlu berhati-hati untuk perawatannya. Ibu perlu tahu bagaimana cara memberikan perawatan bayi prematur secara tepat.

Beberapa hal yang terjadi saat hamil bisa menjadi penyebab bayi lahir secara prematur atau kurang dari 36 minggu. Preklampsia, pecah ketuban dan hal-hal lainnya bisa menyebabkan lahirnya bayi prematur. Umumnya, bayi prematur memang harus diberikan perawatan bayi khusus karena dia belum mencapai usia lahir.

Perawatan bayi prematur yang bari lahir harus dilakukan oleh tim rumah sakit. Pasalnya, si Kecil perlu di rawat di NICU (Neonatal Intensive Care Unit). NICU adalah sebuah ruang perawatan bayi khusus untuk mengobati dan mencegah terjadinya kegagalan organ.

Ketika bayi prematur mampu mengejar keterlambatan perkembangannya, umumnya tim dokter mengizinkan si Kecil untuk dibawa pulang. Tentu dokter memiliki kriteria khusus sebagai panduan sehingga si Kecil yang prematur bisa dibawa pulang.

Ibu, sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan panduan perawatan bayi prematur. Hal ini untuk mempermudah ibu membantu ketertinggalan si Kecil dalam masa perkembangannya. Beberapa cara berikut bisa membantu ibu memberikan perawatan bayi prematur.

  • Suhu ruangan kamar bayi prematur perlu menjadi perhatian utama. Suhu ruangan tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi. Hal ini membantu agar suhu tubuh si kecil dapat stabil. Bila ibu menggunakan AC, sehunya berkisar antara 26-27 derajat celcius.
  • Ibu perlu mempersiapkan alat bantu untuk mengecek kondisi kesehatan si Kecil, misalnya thermometer. Letakkan alat bantu tersebut ditempat yang mudah dijangkau, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, ibu tidakperlu repot untuk mencarinya.
  • Ibu hendaknya siap untuk melakukan Kangaroo Mothercare (KMC). KMC bermanfaat untuk melekatkan emosional ibu dan bayi prematur. Selain itu, guna menjaga suhu tubuh bayi yang baru lahir agar normal (sama dengan suhu tubuh ibu). Menggendong dengan metode kangguru ini dapat dilakukan sambil melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika bayi tertidur pun,sebaiknya dalam gendongan.
  • Pemberian obat-obatan dari rumah sakit seperti asam folat dan zat besi, hendaknya dilanjutkan di rumah. Jika ibu kesulitan untuk memberikan si Kecil obat, gunakan pipet untuk membantunya.
  • Lakukan kontrol secara rutin. Biasanya, peningkatan berat badan si Kecil menjadi tolak ukur keberhasilan perawatan bayi prematur di rumah.

Nah, perawatan bayi prematur memang membutuhkan kesabaran ekstra. Tentunya, jika si Kecil semakin hari semakin sehat, ibu akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Mudah Merawat bayi Prematur"