5 Cara Mudah Rawat Bayi Demam

No comment 729 views

Bayi-Demam

Halo Ibu, bagaimana kabar si Kecil hari ini? Apakah si Kecil? Biasanya, si Kecil sering mengalami demam yang diakibatkan adanya perubahan suhu di sekitarnya. Oleh karena itu, perawatan bayi yang cepat dan mudah harus dilakukan untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Bayi memang cenderung rewel dan menangis terus-menerus dengan kondisi badannya yang sedang demam. Umumnya, Ibu akan mengalami kebingungan saat melihat keadaan si Kecil yang seperti itu. Nah, berikut langkah mudah perawatan bayi yang bisa Ibu lakukan untuk meredakan demam si Kecil:

  • Baju dan selimut tipis

Memakaikan baju hangat serta selimut tebal pada tubuh bayi yang sedang demam, tentu saja kurang baik. Pasalnya, balutan kain tebal tersebut justru meningkatkan suhu tubuhnya sehingga membuat ia semakin demam.

Cukup pakaikan 1 lembar baju tipis dan selimut tipis dengan bahan yang menyerap keringat. Dengan begitu, uap panas dari tubuh si Kecil bisa keluar dan akhirnya menurunkan suhu tubuh si Kecil.

  • Suhu ruangan

Suhu ruangan yang terlalu panas tentu menambah panas tubuh si Kecil semakin tinggi. Ruang kamar si Kecil juga harus diatur suhunya agar tidak telalu panas juga tidak terlalu dingin untuknya. Jika dirasa terlalu panas, gunakan kipas angin tetapi jangan dihadapkan langsung pada badan buah hati.

  • Kompres air hangat

Pemberian kompresan pada dahi bayi tentu membantu menurunkan suhu tubuhnya. Uap air hangat akan melembabkan kulit si Kecil sehingga suhu tubuhnya segera menurun. Tentu saja, si Kecil akan kembali riang dengan kondisi badannya yang sehat.

  • Jauhi produk beralkohol

Penggunaan produk perawatan bayi yang mengandung alkohol harus dihindari untuk sementara waktu selama ia masih demam. Pasalnya, produk ini bisa menyebabkan kedinginan dan membuat si Kecil menggigil. Tentu saja hal ini memperburuk kondisi bayi dalam masa penyembuhan.

  • Obat penurun panas

Pemberian obat penurun panas bisa menjadi solusi untuk menurunkan demam si Kecil. Namun, pemberian obat ini sebaiknya dengan resep dokter agar tidak terjadi komplikasi pada tubuh bayi. Mengingat organnya belum sempurna, pastinya Ibu tidak bisa memberikan obat penurun panas secara sembarangan.

Nah, itulah 5 perawatan bayi yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam si Kecil. Apabila demamnya belum juga mereda, segera bawa buah hati ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang lebih optimal.

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Mudah Rawat Bayi Demam"