7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil!

No comment 1304 views

5 Cara Mujarab Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil – Saat usia kandungan mulai membesar, akan berpengaruh pada tubuh kita, pada bentuk fisik, serta bunda akan mulai merasakan ketidak nyamanan. Rasa tidak nyaman tersebut datang dari masalah yang umum terjadi pada ibu hamil salah satu contohnya yaitu nyeri pada punggung.

Nyeri punggung saat hamil disebabkan oleh membesarnya tubuh serta bertambahnya berat badan Anda sehingga menekan saraf sehingga mengakibatkan nyeri punggung. Selain itu juga mempengaruhi otot anda untuk lebih banyak bekerja sehingga mengakibatkan stres pada sendi, bahkan punggung Anda mungkin akan merasa lebih sakit pada saat malam hari. Baca juga : Inilah Khasiat Konsumsi Air Kelapa Saat Hamil

Terlebih lagi, saat hamil terjadinya perubahan hormon kehamilan sehingga dapat melonggarkan sendi dan ligamen yang terjadi pada tulang panggul Anda ke tulang belakang. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit saat Anda berjalan, berdiri, duduk dalam jangka waktu yang lama, berguling di tempat tidur, atau mengangkat suatu beban yang berat.

Tentunya hal ini akan membuat Anda tidak nyaman bukan? Namun Anda tidak perlu khawatir karena, nyeri punggung saat hamil ini bisa dicegah bahkan diobati. Anda bisa mempertimbangkan cara – cara mengatasi nyeri punggung saat hamil berikut yang dibawakan oleh tim katalogibu.com untuk menyembuhkan sakit punggung Anda.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

1. Bersikap tubuh yang baik

Agar mencegah nyeri punggung saat hamil karena perkembangan janin tiap harinya maka berikut adalah prinsip – prinsip bersikap tubuh yang baik dan benar.

– Berdiri tegak dengan menentukan posisi yang paling nyaman jika Anda akan berdiri cukup lama
– Tarik dagu Anda tinggi-tinggi.
– Jika dalam posisi duduk pastikan pundak Anda bersandar ke belakang dan rileks. Pilihlah kursi yang dapat menyokong punggung Anda.
– Jangan mengatupkan lutut Anda.

2. Menentukan pakaian yang tepat

Gunakan pakaian longgar khusus untuk ibu hamil dan sesuaikan dengan usia kehamilan Anda.Jangan menggunakan sepatu yang berhak tinggi, selain dapat menyebabkan nyeri punggung saat hamil dan cepat lelah, juga sangat beresiko terpeleset atau jatuh

3. Angkat beban yang wajar

Hindari mengangkat benda berat selama kehamilan lebih baik meminta bantuan ketika Anda kesulitan mengangkat benda. Angkalah benda – benda yang ringan saja.

4. Tidur dengan posisi menyamping

Untuk menghindari nyeri punggung saat hamil Anda sebaiknya tidur menyamping, jangan tidur dengan punggung Anda. Lalu pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Letakan satu bantal diantara lutut Anda atau bagian tubuh lain di bawah perut juga dapat membantu posisi tidur Anda.

5. Olahraga

Olahraga yang teratur dapat membantu menguatkan otot punggung Anda. Salah satu olahraga yang baik saat hamil yaitu berenang karena gerakan renang bisa menguatkan otot-otot yang mendukung kenaikan berat badan Anda membantu mengatasi varises dan pembengkakan pergelangan kaki.

6. Pertimbangkan terapi-terapi pelengkap

Cara mengatasi nyeri punggung saat hamil selanjut nya yaitu dengan mempertimbangkan terapi terapi pelengkap bun, di karenakan hasil dari beberapa riset menyarankan bahwa untuk pengobatan akupuntur dapat membantu menghilangkan sakit punggung selama kehamilan bun.

Pengobatan chicopractic juga dapat menyediakan kenyamanan bagi beberapa wanita lho bun. Dan jika Anda mempertimbangkan terapi-terapi pelengkap, diskusikan pilihan-pilihan yang tersedia terlebih dahulu dengan dokter karena sakit punggung yang anda derita bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

7. Pijat atau Gunakan Penghangat/Pendingin

Anda bisa juga memanggil terapis pijat untuk mengurangi rasa sakit pada punggung Anda. Selalu konsultasikan hal ini terlebih dahulu pada dokter. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan pad penghangat atau ice pack untuk mengurangi nyeri punggung Anda, memberikan rasa nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil, hal – hal di atas sangat mudah dilakukan, untuk itu selamat mencoba, dan semoga informasi cara mengatasi nyeri punggung saat hamil ini dapat bermanfaat bagi Anda!

author
No Response

Leave a reply "7 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil!"