5 Cara Sukses Menyapih Anak dengan Benar

No comment 1290 views

5 Cara Sukses Menyapih Anak dengan Benar

Cara menyapih anak – Bayi memang sangat membutuhkan ASI, namun ada masanya juga bayi sudah mulai tidak mengonsumsi ASI. Menyapih memang tidak mudah seperti yang dibayangkan, dibutuhkan strategi untuk melakukannya. Menyapih bayi juga tidak boleh asal – asalan, Anda harus mempertimbangkan keadaan bayi tersebut. Dengan memperhatikan ukuran tubuh bayi dan yang terpenting adalah usianya.

Anda dianjurkan untuk memberikan ASI ekslusif selama 2 tahun, namun pada usia 6 bulan anak juga mulai bisa untuk mulai disapih karena pada usia ini ia sudah mulai membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak untuk pertumbuhan dan aktifitas sehari – hari. Namun tetap perlu diingat bahawa setiap kondisi anak tidak sama. Sebagai orang tua Anda harus melihat apakah dia sudah bisa disapih atau belum. Terkadang anak juga rewel ketika akan disapih, untuk itu berikut adalah cara menyapih anak yang tepat.

Cara tepat menyapih anak

1. Cara menyapih anak yang pertama yaitu dengan menggunakan teknik sisipan. Anda dapat menyisipkan makanan padat di tengah-tengah anak sedang minum susu. Jadi Anda bisa memberikan susu dahulu, lalu sisipkan 2 sendok makanan padat, dan akhiri dengan susu lagi.

2. Kemudian Anda bisa mengurangi frekuensi menyusui secara bertahap. Anda dapat mulai mengenalkan anak pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI. Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

3. Agar dapat menyapih dengan mudah Anda harus menetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya Anda menyusui hanya di kamar. Gunanya agar anak tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.

4. Berikan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya dengan cara mendekap, mengusap atau menciumnya agar si kecil tahu bahwa Anda tetap menyayanginya walaupun Anda sudah tidak menyusuinya lagi.

5. Perhatikan kondisi anak, sapihlah anak saat dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda. Dan dalam kondisi ini juga tidak memungkinkan untuk menyapihnya.

Beberapa cara menyapih anak tersebut dapat Anda gunakan sebagai referensi ketika Anda memutuskan untuk menyapih si kecil. Anda harus benar – benar siap untuk melakukan hal ini dan jangan ragu. Baca juga : 6 Cara Efektif Memperbanyak ASI

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Sukses Menyapih Anak dengan Benar"