5 Gejala Awal Tanda Kehamilan

No comment 2469 views

tanda kehamilan

Tanda kehamilan – Tanda kehamilan pastinya harus diketahui oleh seorang wanita agar dapat bertindak secara baik dalam menjaga kandungannya agar janin hidup sehat dan selamat selama dalam kandungan. Banyak wanita yang masih merasakan kebingungan dalam mengetahui tanda kehamilan awal, bahkan beberapa diantaranya tidak bisa membedakan antara tanda-tanda akan datang masa menstruasi dan tanda-tanda kehamilan.

Berhati-hatilah dalam menyikapai tanda awal kehamilan, karena gejal kehamilan mirip menstruasi. Hal ini disebabkan masih dilakukannya suatu aktivitas atau konsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan selama kehamilan, padahal sebetulnya dia sudah mengalami kehamilan. Dengan ketidaktahuan akan tanda kehamilan juga mengakibatkan persiapan yang matang menyongsong kehamilan menjadi terabaikan.

Berikut ini tanda kehamilan yang dianggap remeh dan kerap tidak disadari oleh para wanita atau orang di sekitarnya, Berikut Tanda kehamilan seperti dilansir Parenting.com:

1. Tanda kehamilan sering ngompol saat bersin atau tertawa
Penyebab dari kondisi ini karena ada bayi di rahim Anda dan letaknya dekat dengan kandung kemih. Mengatasinya, Anda bisa lebih sering buang air kecil dan membawa cadangan pakaian saat bepergian. Bisa juga dengan latihan kegel. Caranya, kosongkan kandung kemih Anda lalu kencangkan otot panggul dan tahan. Ketika otot mulai kendur secara alami, tahan dan kencangkan lagi sampai Anda merasakan sensasi kesemutan. Lakukan lima kali latihan kegel sehari, tapi tidak sekaligus.

2. Tanda kehamilan kembung, kram perut, dan sering kentut
Keadaan ini disebabkan karena saat hamil, kerja usus memang lebih lambat. Secara teoritis, untuk mengatasi sembelit yang sering dirasakan, gas di dalam lambung yang menyebabkan kembung juga harus dikurangi. Hindari asupan yang bisa mengganggu pencernaan seperti kubis, brokoli, kembang kol, jagung, bawang, dan minuman berkarbonasi.

3. Tanda kehamilan kidung seperti tersumbat tapi tidak sakit
Mungkin Anda merasa seperti pilek terus menerus dan sering meniupkan hidung seakan-akan ada sesuatu di dalam hidung. Hal ini bisa jadi gejala kehamilan karena peningkatan hormon dan produksi darah menyebabkan selaput lendir membengkak, kering, bahkan berdarah. Untuk mengatasinya, gunakan obat tetes hidung saline, minum banyak cairan, dan pelembab serta jangan miringkan kepala. Jika hidung Anda mimisan, jangan miringkan kepala, tapi tundukkan dan jepit hidung sekitar lima menit atau kompres dengan es.

4. Tanda kehamilan kuping berdenging
Hal ini bisa terjadi karena membengkaknya membran mukosa karena saat hidung tersumbat, Anda terpaksa bernapas melalui mulut dan mendengkur. Untuk mencegah hidung tersumbat, gunakan tetes hidung sebelum tidur jika perlu.

5. Tanda kehamilan keringat
Metabolisme berlebih saat mengandung dan tambahan darah yang dipompa melalui tubuh bisa menghangatkan kulit. Nah berkeringat adalah cara tubuh menjaga agar tetap dingin. Coba atasi dengan memakai baju yang mudah menyerap keringat, minum banyak cairan, dan gunakan antiperspiran atau bedak tabur

author
No Response

Leave a reply "5 Gejala Awal Tanda Kehamilan"