7 Hal Ini Ternyata Pembunuh Kreativitas Anak!

membunuh kreativitas anak

Kreativitas anak haruslah diasah sejak dini, jangan sampai orang tua yang kurang pengetahuan akhirnya malah membubuh kreativitas anak tersebut. Saat ini banyak sekali orang tua yang tidak mengerti dan melakukan hal – hal yang mengekang kreativitas anak – anaknya sehingga membuat kreativitas tersebut hilang. Jangan sampai hal ini terjadi kepada anak – anak Anda, untuk itu orang tua harus mengetahui hal apa sajakah yang dapat membunuh kreativitas anak.

Yang Dapat Membunuh Kreativitas Anak

1. Terlalu banyak kegiatan

banyak kegiatan
Kegiatan atau aktivitas yang terlalu banyak juga dapat membunuh kreativitas anak. Jika setiap hari anak harus pergi kesekolah kemudian melakukan kursus ini itu dan setelah pulang kerumah anak pasti merasa lelah dan memilih untuk tidur. Orang tua harusnya membiarkan anak memiliki waktu bebas, waktu dimana anak dapat melakukan apapun yang dapat mengasah kreativitasnya tanpa dikekang oleh jadwal yang padat.

2. Hadiah yang diberikan orang tua

memberi hadiah
Hadiah merupakan salah satu hal yang dapat membunuh kreativitas anak. Mayoritas para orang tua sekarang senang menjanjikan akan memberikan hadiah tertentu pada anak jika anak telah mencapai prestasi tertentu. Dengan kebiasaan seperti itu, anak akan cenderung cepat puas mencapai sesuatu dengan indikator orang tua tanpa berusaha untuk mencapai hal yang lebih dari itu.

3. Bayangan dari orang tua
Orang tua yang selalu membayangi anak juga merupakan salah satu hal yang dapat membunuh kreativitas anak. Jika sang anak terus-menerus diikuti oleh orang tua yang selalu menasihati anak agar tidak berbuat kesalahan sekecil apapun, anak tersebut lambat laun akan takut untuk melakukan hal-hal baru yang sebenarnya dapat mengasah kreativitas mereka. Karena biasanya orang tua secara tidak sadar akan ikut campur dalam mengurangi aktivitas sang buah hati.

4. Menunggu dekat atau di sekitar Anda
Ketika orang tua menunggu di dekat atau sekitar anak-anak mereka, perhatian mereka pada apa yang anak mereka lakukan. Hal ini menempatkan terlalu banyak tekanan pada anak karena mereka sedang diawasi sepanjang waktu.

5. Jadwal

jadwal
membuat sebuah jadwal dan menjadi tepat waktu memang bagus tapi terlalu banyak penjadwalan dapat menghancurkan kreativitas anak Anda. Sama seperti tidak membolehkan ia mengikuti nalurinya.

6. Membatasi Pilihan

Sistem pendidikan yang selama ini kita terapkan, sering kali membuat anak-anak hanya mengenal bahwa hanya ada satu jawaban yang benar dan hanya ada satu standar saja bun. Kebanyakan mainan anak-anak pun juga dibuat hanya dengan satu instruksi saja bukan begitu? Dan lebih parah lagi, jarang sekali kita membiarkan mereka untuk memilih.

Padahal membiarkan mereka memiliki banyak pilihan merupakan salah satu cara untuk berpikir lateral kan. Berpikir lateral juga merupakan cara berpikir di luar batasan yang telah diberikan (out of the box) atau berpikir dengan menggunakan perspektif baru. Karena dengan membatasi kegiatan sanga anak itu juga bisa membatasi kreatifitas anak.

Untuk itulah anak-anak kreatif akan selalu punya banyak alternatif penyelesaian dan sangat antusias mengikuti rasa ingin tahu mereka bun.

7. Menjadikan Semuanya Sebagai Kompetisi

Sebenarnya ada bagusnya juga untuk menumbuhkan jiwa kompetitif anak agar ia memiliki motivasi untuk meraih yang lebih baik. Namun, bila ia ditekan untuk selalu unggul dan mengalahkan anak lainnya dalam segala hal, ia akan jadi tidak kreatif karena anak akan cenderung mencari cara paling efektif untuk meraih hasil terbaik, dan ia akan berulang menerapkan metode yang sama pada bidang yang lain.

Solusinya, Anda bisa mengarahkan anak bahwa “musuh” yang harus dikalahkan adalah diri sendiri, sehingga ia akan termotivasi untuk terus berkembang meningkatkan kualitas diri ke arah yang lebih baik dari hari ke hari.

Nah, sekarang Bunda sudah tau kan hal – hal yang dapat membunuh kreativitas anak?? Agar anak Anda menjadi anak cerdas dan kreatif maka jangan lakukan 5 hal di atas ya! Baca juga : 4 Kebiasaan Sederhana untuk Menanam Kebiasaan Baik

author
No Response

Leave a reply "7 Hal Ini Ternyata Pembunuh Kreativitas Anak!"