6 Kesalahan yang Sering Dilakuan Ibu Baru Pasca Melahirkan

5 Kesalahan yang Sering Dilakuan Ibu Baru Pasca Melahirkan

Kesalahan setelah melahirkan – Kurang lebih sembilan bulan sudah Anda menunggu hadirnya bayi mungil yang ada di perut Anda dan ketika ia sudah lahir itu artinya Anda memiliki status baru sebagai ibu. Menjadi ibu yang baru mempunyai anak pertama tidaklah mudah karena Anda harus melakukan aktifitas yang sebelumnya tidak dikerjakan. Hal inilah yang membuat ibu baru merasa kesulitan.

Terkadang banyak hal yang belum diketahui oleh ibu baru sehingga tanpa disengaja Anda melakukan kesalahan yang dapat merugikan bayi maupun diri Anda sendiri. Untuk itu Anda harus mengetahui keselahan setelah melahirkan apa saja yang sering dilakukan oleh ibu baru berikut.

Kesalahan pasca melahirkan

1. Percaya Semua yang Didengar
Karena belum memiliki pengalaman, Anda dan suami jadi percaya segala hal yang didengar dari orang lain. Apalagi jika orang-orang tersebut kalian anggap sebagai pakar atau ahli dalam hal mengasuh anak. Padahal, tidak semua nasihat dari mereka cocok untuk diterapkan untuk anak Anda. Kepekaan orangtua sangat diperlukan dalam mengasuh anak, jadi tidak ada salahnya mendengarkan saran dari orang lain, tapi Anda juga harus mengikuti naluri sendiri sebagai ibu dalam menerapkannya.

2. Terlalu Khawatir
Si kecil tidak berhenti menangis, kemudian membuat Anda khawatir. Si kecil tidak bisa tidur, kamu khawatir. Apapun yang dilakukan bayi yang Anda anggap tidak biasa, pasti Anda langsung mengkhawatirkannya. Padahal, hal ini tidak perlu terjadi. Bayi yang baru berusia beberapa bulan memang masih mengalami adaptasi yang membuat perilakunya berubah. Jika memang Anda merasa ada yang aneh dengan si kecil, bersikaplah tenang, perhatikan lebih detil gejalanya, lalu segera ke dokter untuk membuktikkan apakah kekhawatiran itu benar. Tapi, selebihnya usahakan untuk tidak terlalu cepat khawatir kalau memang melihat ada perubahan pada si kecil.

3. Membeli Semua Barang
Namanya juga anak pertama, wajar jika orangtua menginginkan membeli segala perlengkapan untuk bayinya. Tapi, jangan sampai “kekhilafan” itu akan merugikan keuangan keluarga karena banyaknya uang yang terbuang. Untuk mengetahui mana yang menjadi prioritas yang harus Anda beli untuk si bayi, jangan sungkan bertanya dengan orangtua, anggota keluarga yang sudah memiliki anak, atau teman.

4. Tak Punya Waktu
Sebelum si kecil lahir, mungkin Anda berpikir masih akan memiliki banyak waktu saat bayi tidur atau asyik bermain sendiri. Tapi, kenyataannya sama sekali tidak seperti yang dibayangkan. Saran untuk para ibu baru, jangan merencanakan hal yang belum diketahui situasinya akan seperti apa karena biasanya Anda menjadi kecewa dan malah kebingungan. Dengan berjalannya waktu, kamu akan menemukan cara sendiri mencari waktu untuk melakukan kegiatan lain di sela-sela waktu tidur dan bermain si kecil.

5. Terpaksa Tidak Tidur
Beberapa bulan pertama saat bayi lahir, jangan kaget kalau pola tidur menjadi kacau-balau karena siklus tidurnya yang belum benar. Tapi, sebenarnya hal ini bisa kita atasi dan di sinilah kecerdasan kita sebagai ibu baru diuji. Hal yang paling penting dilakukan adalah berkerja sama dengan suami untuk mengatur waktu tidur kalian dan si bayi. Di malam hari, bagilah tugas dengan suami kapan Anda atau suami yang bangun saat si kecil bangun. Kamu juga harus “mencuri-curi” waktu tidur di siang hari di saat biasanya bayi tertidur lelap.

6. Tidak Membagi Tugas dengan Pasangan

Seorang ibu yang baru pertama kali memiliki bayi mungkin merasa bertanggung jawab penuh atas kesehatan dan perawatan buah hatinya yang baru lahir. Namun perlu diingat tugas merawat bayi adalah sebuah tugas yang berat untuk ditanggung seorang diri. Biarkan pasangan Anda membantu Anda meskipun mungkin Anda lebih baik dalam mengganti popok atau memandikan si Kecil, namun jangan terlalu mengkritik usaha pasangan untuk membantu Anda. Anda dan pasangan harus sama-sama belajar dalam merawat buah hati Anda berdua.

6 Kesalahan setelah melahirkan tersebut sering dilakukan oleh ibu baru sehingga merugikan dirinya sendiri maupun bayi. Setelah menyimak informasi di atas semoga Anda dapat mengetahui apa yang harus dan tidak dilakukan agar tidak terjadi kesalahan. Baca juga : 5 Fakta Seputar Ibu Baru yang Harus Anda Ketahui!

author
No Response

Leave a reply "6 Kesalahan yang Sering Dilakuan Ibu Baru Pasca Melahirkan"