5 Langkah Jitu Merawat Gigi Ibu Hamil

No comment 938 views

5 Langkah Jitu Merawat Gigi Ibu Hamil

Merawat gigi ibu hamil – Melakukan perawatan saat hamil sangat penting dilakukan, perawatan tersebut haru mencakup seluruh aspek bagian tubuh. Dari ujung rambut hingga ujung kaki harus terawat, termasuk salah satunya merawat gigi semasa hamil.

Berbicara tentang merawat gigi ibu hamil itu adalah salah satu hal yang peting dilakukan karena jika gigi tidak terawat akan menyebabkan sakit gigi, dan sakit gigi ketika hamil akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Hal berbahaya lain yang ditimbulkan saat tidak merawat gigi saat hamil akan menimbulkan bakteri dan bakteri tersebut akan membahayakan bayi yang ada dalam kandungan Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir akan hal itu jika melakukan perawatan gigi dengan benar. Berikut adalah cara merawat gigi ibu hamil yang harus Anda lakukan.

Tips merawat gigi ibu hamil

1. Memilih pasta gigi
Untuk merawat gigi saat hamil Anda bisa memilih menggunakan pasta gigi yang membuat mulut segar agar tidak merasa mual. Dengan adanya beraneka ragam aroma, Anda bisa memilih sesuai dengan selera.

2. Menyikat gigi
Selain memilih pasta gigi yang tepat, tentu saja hal yang harus dilakukan untuk merawat gigi ibu hamil yaitu menyikat gigi secara rutin. Dengan melakukan sikat gigi pagi dan malam akan menghindarkan gigi dari bakteri dan kuman.

3. Berkumur setelah muntah
Ketika hamil tidak heran jika Anda sering muntah, untuk itu ketika Anda selesai muntah bersegeralah untuk berkumur. Hal itu dilakukan agar sisa asam lambung dari perut terbuang dari mulut dengan menggunakan air hangat atau matang.

4. Memilih makanan
Hal yang dapat merusak gigi yaitu ketika Anda sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan asam. Untuk itu batasi mengonsumsi makanan tersebut. Untuk merawat gigi, Anda juga disarankan untuk makan makanan yang terlalu dingin dan panas

5. Rutin berkunjung ke dokter gigi
Hal yang tidak kalah pentingnya dilakukan untuk merawat gigi ibu hamil yaitu dengan rutin pergi ke dokter untuk sesekali melakukan pembersihan karang gigi.

Dengan merawat gigi saat hamil, ibu hamil akan terhindar dari rusaknya gigi yang mengakibatkan keluarnya hormon prostaglandin sehingga dapat merangsang kontraksi rahim terus menerus yang mengakibatkan bayi lahir prematur. Baca juga : 6 Cara Ampuh Atasi Sering Buang Angin Saat hamil

author
No Response

Leave a reply "5 Langkah Jitu Merawat Gigi Ibu Hamil"