5 Langkah Melewati Trimester Pertama dengan Aman

 5 Langkah Melewati Trimester Pertama dengan Aman

Trimester pertama –¬†Mengalami kehamilan adalah anugerah yang tak terhingga dari Sang Pencipta. Untuk itu saat mengalami kehamilan Anda harus menjaga kandungan baik – baik agar bisa melihat buah hati yang lucu lahir di dunia.

Namun pada trimester pertama merupakan masa – masa yang paling rawan karena disinilah janin mulai terbentuk di dalam kandungan, serta janin mengalami perkembangan seiring dengan bertambahnya usia kehamilannya.

Untuk itu perlu mendapat perhatian yang lebih oleh ibu hamil pada trimester pertama ini. Apa saja hal Рhal yang harus Anda perhatikan agar dapat melewati trimester pertama dengan Aman? Berikut informasinya untuk Anda. Baca juga : Buah-buah Ini Baik untuk Ibu Hamil

Cara menjaga kandungan pada trimester pertama

1. Pemerikasaan kandungan
Untuk menjaga kesehatan kandungan trimester pertama, ibu hamil harus rutin melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan untuk mengetahui perkembangan kehamilan.

2. Pemeriksaan Fisik
Setelah melakukan pemeriksaan kandungan, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk menjaga kandungan trimester pertama yaitu melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik ini meliputi berat dan tinggi badan, serta tekanan darah. Tujuan melakukan pemeriksaan fisik tersebut agar dokter atau bidan akan lebih mudah memantau kesehatan Anda serta keadaan janin dalam kandungan.

3. Makan makanan bergizi
Pada trimester pertama ini merupakan masa perkembangan otak janin, oleh karena itu hendaklah ibu hamil mengonsumsi makanan bergizi yang berguna bagi perkembangan otak janin. Makanan yang baik di konsumsi ibu hamil untuk perkembangan otak janin adalah makanan yang banyak mengandung asam folat, diantaranya hati, sayur bayam, brokoli, kembang kol, wortel, alpukat, tomat, asparagus, bit merah, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

4. Hindari aktivitas berat
Saat kandungan dalam masa trimester pertama disarankan untuk menghindari aktivitas yang terlalu berat ketika hamil, karena dapat menimbulkan kecapekan terutama bagi ibu hamil yang memiliki riwayat anemia.

5. Hindari Minum Obat Sembarangan
Trimester pertama merupakan masa yang sangat rawan akan keguguran untuk itu usahakan tidak mengonsumsi obat secara sembarangan karena hal ini dapat mengganggu proses pembentukan organ-organ janin. Jika Anda memerlukan obat tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Karena trimester pertama adalah masa mulai terbentuknya organ – organ vital janin seperti otak, jantung, sistem pernapasan, sistem pencernaan dan lain sebagainya, untuk itu dibutuhkan perhatian yang ekstra. Selain tips di atas bunda juga bisa sharing dengan ibu hamil yang lainnya untuk mendapatkan tambahan ilmu tentang kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "5 Langkah Melewati Trimester Pertama dengan Aman"