5 Langkah Sukses Melatih Anak Tidur Sendiri!

No comment 1701 views

5 Langkah Sukses Melatih Anak Tidur Sendiri!

Anak tidur sendiri – Ketika anak mulai memasuki usia balita sebagai orang tua Anda harus membiasakan anak untuk mulai tidur sendiri. Karena anak terus tumbuh dan dan berkembang usianya maka tidak mungkin dia akan tidur terus dengan orang tuanya. Untuk memisahkan anak dari ranjang orang tua dan tidur dikamarnya sendiri bukanlah perkara yang mudah. Tentu saja mereka masih ingin selalu dimanjakan dengan ibunya sebelum tidur, dibacakan cerita hingga dia tertidur lelap dan memeluknya dengan dekapan kasih sayang ketika tidur.

Belajar tidur sendiri membuat anak berimajinasi dengan hal – hal yang menakutkan seperti takut dengan kegelapan, takut akan suara halilintar dan lain sebagainya. Untuk itu lakukan beberapa hal berikut agar anak tidur sendiri menjadi hal yang menyenangkan.

Cara agar anak tidak takut tidur sendiri

1. Melatih anak tidur sendiri
Agar usaha Anda membiasakan anak tidur sendiri lancar, latihlah anak untuk tidur siang di kamarnya sendiri. Setelah mereka terbiasa tidur siang di kamarnya sendiri tentu saja suasana nyaman akan terbentuk. Ketika anak sudah nyaman tidur di kamarnya sendiri tentu dia tidak akan rewel ketika tidur malam sendirian di kamarnya.

2. Ciptakan suasana tenang
Ketika jam tidur anak telah datang, ciptakan suasana tenang dalam rumah. Hindari menghidupkan televisi dengan volume yang tinggi dan matikan peralatan elektronik yang dapat mengganggu tidurnya seperti radio, video game dan lain – lain. Agar mendukung suasana tidur sendiri menjadi nyaman redupkan lampu kamar, ganti dengan lampu tidur.

3. Jangan sering datang
Si kecil sudah waktunya untuk tidur, antarkan ke kamarnya untuk memberikan pelukan dan ciuman di keningnya sebagai ucapan selamat tidur. Lalu tinggalkan dia dan jangan menunggu hingga dia benar – benar tidur lelap agar membiasakan anak tidur sendiri.

4. Buatlah tempat tidur yang nyaman
Pastikan tempat tidur anak nyaman dengan menutup jendela dan gordyn agar udara dingin tidak mengganggu tidur anak di malam hari, dan pastikan anak terhindar dari gangguan nyamuk ketika tidur karena kehadiran nyamuk dapat mengganggu tidur anak.

5. Lakukan kebiasaan sebelum tidur
Biasakan anak melakukan hal – hal positif sebelum tidur seperti mengganti pakaian tidur, menggosok gigi, kencing, cuci tangan dan kaki, membacakan dongen dan ajarkan anak untuk membaca doa sebelum tidur. Semua kegiatan yang dilakukan sebelum tidur akan mengantarkan anak tidur sendiri dengan mudah.

Kegiatan anak tidur sendiri harus Anda biasakan sejak dini agar dapat melatih kemandirian pada anak, hal ini sekaligus dapat menjaga kualitas tidur orang tua dan anak. Baca juga : Kiat Sukses Membentuk Karakter Positif Anak!

author
No Response

Leave a reply "5 Langkah Sukses Melatih Anak Tidur Sendiri!"