5 Langkah Sukses Mengatasi Anak Pemalu

No comment 666 views

5 Langkah Sukses Mengatasi Anak Pemalu

Mengatasi anak pemalu – Bunda, apakah si kecil tergolong anak pemalu? Jika ia hanya bersembunyi dibalik tubuh Anda atau menutupi wajahnya setiap kali dikenalkan di depan publik bisa jadi si kecil tergolong sebagai anak pemalu.

Saat diperkenalkan dihadapan publik masing – masing anak memiliki respon yang berbeda – beda, ada anak yang bisa langsung mencair dan akrab dengan kondisi baru dan ada juga anak yang membutuhkan waktu untuk mulai akrab dengan lingkungan barunya.

Meskipun pemalu tidaklah buruk namun pemalu juga tidak baik untuk proses berosialisasi dimasa yang akan datang. Untuk itu bunda harus menumbuhkan rasa percaya dirinya. Jika selama ini bunda kesulitan untuk menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya, berikut adalah cara sederhana yang bisa mengatasi anak pemalu.

Cara sederhana mengatasi anak pemalu

1. Ajak mengunjungi tempat baru
Salah satu cara yang bisa mengatasi anak pemalu adalah sering – sering ajak ia untuk mengunjungi tempat – tempat baru sehingga ia akan bertemu dengan orang – orang baru juga. Bunda bisa mengajaknya pergi berpiknik dengan saudara atau teman Anda yang memiliki anak seusianya agar mulai terbiasa.

2. Memberinya waktu
Anak yang pemalu biasanya sering merasa tidak nyaman saat mengunjungi tempat baru, sehingga ia harus mengamati lingkungannya tersebut dan membuatnya lebih baik. Jadi jangan paksa dia untuk langsung membaur dengan orang – orang baru disekitarnya sampai dia merasa nyaman.

3. Memberi contoh
Cara selanjutnya untuk mengatasi anak pemalu yaitu dengan memberinya contoh seperti memperkenalkan diri kepada lingkungkan barunya.

4. Jangan memberinya predikat
Saat bunda mengetahui bahwa ia pemalu, jangan sekali – sekali memberinya predikat pemalu atau menjulukinya pemalu. Karena jika ia sadar bahwa dirinya pemalu bisa jadi si kecil malah lebih malu lagi dan akan berdampak pada psikologis anak.

5. Masukan kesekolah
Untuk mengatasi anak pemalu bunda bisa memasukannya ke Taman kanak – kanak agar dia bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di luar rumah dengan orang – orang baru yang memiliki bermacam – macam karakter. Dengan begini anak bisa bersosialisasi dengan teman baru seusianya dan dapat mengasah kemampuan dalam dirinya.

Itulah cara tepat untuk mengatasi anak pemalu yang bisa bunda praktekan sendiri. Jangan lupa untuk selalu memberikan ia dukungan agar menumbuhkan percaya dirinya, karena dukungan dari orang tua sangat dibutuhkan. Baca juga : Bunda, Ketahui 5 Manfaat Keju untuk Anak ini

author
No Response

Leave a reply "5 Langkah Sukses Mengatasi Anak Pemalu"