8 Langkah Tepat Merawat Bayi Baru Lahir

No comment 5122 views

5 Langkah Tepat Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat bayi – Mendapatakan momongan adalah anugrah terbesar bagi setiap ibu pada umumnya ketika baru menikah. Namun beberapa beberapa pasangan ada juga yang menundah program kehamilan karena beberapa faktor.

Jika Anda merupakan ibu baru yang pertama kali mendapatkan momongan pastinya timbul berbagai pertanyaan dan bingung bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir. Anda tak usah khawatir, berikut katalogibu sajikan informasi lengkap tentang bagaimana merawat bayi yang baru lahir untuk Anda yang baru saja mempunyai momongan.

Tips merawat bayi yang baru lahir

1. Merawat tali pusat
Tips merawat bayi yang pertama yaitu cara merawat tali pusatnya. Merawat tali pusat harus benar – benar Anda perhatikan karena daerah ini mudah sekali terkena infeksi. Ketika tali pusat yang belum putus tak sengaja terkena air pada saat bayi dimandikan, segera keringkan dengan cotton buds atau kasa steril. Jangan menambahi ramuan apa pun pada pangkal tali pusat tersebut. Pada umumnya, tali pusat akan putus dengan sendirinya antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga terjadi lebih awal atau malah lebih lambat.

Untuk merawat tali pusat cukup menggunakan air matang dan biarkan tali pusar tetap terbuka. Usahakan tali pusat tetap dalam keadaan kering, untuk mengelapnya ketika basah Anda bisa menggunakan tissue atau kain kasa steril. Dan selalu amati terhadap tanda-tanda infeksi.

2. Merawat mata bayi
Pada mata bayi terletak sumber air mata yang tedapat pada bagian atas mata. Pada mata bayi saluran mata masih tertutup sehingga mengakibatkan tahi mata jika air mata tergenang dan dapat membahayakan kornea mata. Untuk itu lakukan perawatan mata pada bayi dengan cara memijat pada area sudut mata dengan menggunakan jari yang tak berkuku panjang atau bisa juga menggunakan cotton buds yang dibasahi air matang. Pijat dengan lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, selama 5-10 kali.

3. Merawat kulit bayi
Agar tidak menjadi santapan kuman – kuman kulit, bayi harus dimandikan atau dibersihkan dengan waslap. Agar kulit tetap lembab dan terhindar dari lecet gunakan baby oil yang mengandung vitamin E. Jaga temperatur ruangan agar bayi tidak kepanasan yang mengakibatkan biang keringat.

4. Merawat Hidung bayi
Saat terdapat kotoran atau lendir didalam hidung bayi jangan menggunakan cotton buds, tisu yang digulung maupun jari ibu. Hal itu hanya akan mendorong kotoran lebih jauh, untuk itu gunakan aspirator hidung bayi atau Anda bisa menyedotnya sendiri secara perlahan.

5. Merawat telinga bayi
Untuk merawat telinga bayi juga sama dengan merawat hidung bayi, jangan terlalu dalam saat membersihkan telinga bayi. Jika Anda mengalami kesusahan, minta tolonglah kepada dokter. Untuk bagian daun telinga dapat dibersihkan tiap kali memandikan bayi. Lakukan dengan lembut menggunakan cotton buds atau kapas yang dibasahi air hangat.

6. Menyusui
Pada bulan-bulan pertama, lapar adalah penyebab utama bayi menangis. Karena itu, menawari bayi makan adalah cara paling efektif untuk menyetop tangisnya, meski itu berarti Anda harus menyusui bayi sesering mungkin; pagi, siang, sore dan malam. Mengapa bayi makan lagi makan lagi? Ini karena, rasa lapar adalah sensasi baru baginya. Di rahim ibu bayi terbiasa menerima asupan makanan terus-menerus dari plasenta, sehingga tidak pernah merasa lapar.

7. Mainan Bayi
Fungsi mainan bukan cuma menghibur tetapi juga mengenalkan bayi pada berbagai bentuk dan melatih otot matanya agar lebih terfokus. Untuk itu, pilihlah mainan dengan warna-warna cerah. Mainan bergerak dan berbunyi (musical mobile) yang digantung di tempat tidur akan merangsang indra penglihatan dan pendengaran bayi. Beruang Teddy yang lembut menyenangkan bayi saat ia merabanya.

Rattle, mainan genggam yang berbunyi jika digoyang, juga menghibur dan melatih indra bayi. Tetapi tidak selalu harus mainan mahal. Bayi juga sangat terhibur melihat pantulan dirinya di cermin,bayangan di tembok dan tetes hujan. Dan, tentu saja tidak ada yang lebih menggembirakan bayi dibanding saat ia bermain dengan ayah dan ibunya.

8. Ritual Tidur
Total waktu tidur bayi baru adalah 16 jam sehari, dengan tidur malam yang gelisah, diseling beberapa kali bangun. Setelah usia 5 minggu, barulah bayi memiliki pola tidur tetap, yaitu tidur lebih awal di malam hari dan terbangun 2 – 3 kali di tengah malam. Ritual tidur bisa membantu bayi tidur lebih cepat dan berkualitas.

Tahapannya, mandikan bayi dengan air hangat yang sudah ditetesi baby bath, pijat bayi dengan baby oil atau lotion, setelah itu ciptakan suasana tenang di kamar tidurnya. Anda bisa membacakan dongeng, menyanyikan lagu nina bobok atau membubuhi bayi dengan baby powder.

Itulah bebera langkah merawat bayi yang perlu Anda perhatikan. Selain itu sebagai orang tua kita harus menyiapkan lingkungan bayi yang nyaman, karena tentu saja bayi tidak bisa melakukannya sendiri. Agar bayi tidak rewel Anda perlu menciptakan suasana yang nyaman seperti menjaga suhu agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, serta mengkondisikan lingkungan bayi dalam keadaan tenang, tidak berisik. Semoga informasi ini bermanfaat! Baca juga : 4 Cara Mudah Merawat Bayi Prematur dengan Tepat

author
No Response

Leave a reply "8 Langkah Tepat Merawat Bayi Baru Lahir"