5 Makanan Penambah Berat Bayi

No comment 1005 views

berat badan bayi

Seiring perkembangannya yang memiliki beragam aktivitas, biasanya si Kecil sesekali mengalami penurunan berat badan. Selain itu, demam yang dialaminya juga bisa memicu penurunan berat badan bayi. Melihat kenyataan tersebut, Anda mungkin cemas dan bingung, bagaimana untuk mengembalikan bobot tubuhnya?

Untuk mengembalikannya, Anda bisa memberikan banyak asupan nutrisi sehingga beratnya kembali seperti semula dan sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Eits, Anda perlu mengatur menu makanannya secara cermat agar keseimbangan gizinya tetap terjaga. Jika Anda masih bingung jenis kudapan yang dapat meningkatkan berat badan bayi, berikut ini solusinya:

  • Daging Merah

Mengolah makanan yang berbahan dasar daging merah ini cukup ampuh untuk menaikkan bobot tubuhnya. Daging memiliki banyak kandungan protein dan zat besi sehingga cocok untuk dikonsumsi si Kecil yang kurus. Namun, memasak daging sebagai kudapannya harus diperhatikan takarannya. Sebab, daging mengandung banyak kolesterol yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

  • Susu Sapi Murni

Susu merupakan minuman favorit si Kecil karena rasanya gurih dan nikmat. Ketika ia mengalami penurunan berat tubuh drastis, rutinlah untuk memberikan susu sapi murni ya Bu. Jenis susu ini mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin A dan D yang baik di masa pertumbuhannya saat ini. Sebaiknya, susu ini diminum saat menjelang tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas.

  • Selai Kacang

Satu sendok selai mengandung 100 kalori dan 4 gram protein yang bisa digunakan untuk menaikkan berat si Kecil. Selai kacang juga mengandung folat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B3. Sisipkan selai ini di dalam roti tawar sebagai camilan bergizi untuk si Kecil.

  • Alpukat

Buah hijau ini merupakan salah satu jenis makanan sehat yang mengandung lemak HDL. Alpukat mengandung potasium, asam folat, vitamin E, dan vitamin B. Anda bisa membuatnya jadi jus atau puree sehingga lebih mudah dicerna si Kecil. Berikan tambahan susu kental manis di dalamnya agar rasanya semakin lezat.

  • Kentang

Untuk menambah berat badannya, kudapan yang mengandung banyak karbohidrat adalah menu utamanya. Namun, pilihan sumber karbohidrat yang dipilih haruslah mengandung sumber gizi yang lain. Kentang menjadi pilihan sempurna sebab tak hanya banyak karbohidrat tetapi juga tinggi kandungan protein, serat, serta vitamin C. Rebuslah kentang secara utuh, kemudian haluskan dengan sendok agar si Kecil mudah menelannya.

Nah, beberapa alternatif makanan penambah berat badan bayi tersebut sebaiknya diberikan secara rutin. Mintalah saran kepada dokter atau ahli gizi agar mendapatkan menu lain untuk mengembalikan bobot tubuhnya. Berikan sajian terbaik ya, Bu.

author
No Response

Leave a reply "5 Makanan Penambah Berat Bayi"