5 Mitos Ibu Hamil yang Perlu Anda Tau!

No comment 7785 views

5 Mitos Ibu Hamil yang Perlu Anda Tau!

Mitos ibu hamil – Proses kehamilan merupakan hal yang sangat rumit, banyak aturan yang harus dijalani oleh ibu hamil untuk mendapatkan bayi yang sehat tanpa kurang suatu. Pada zaman yang modern ini tentunya Anda tidak percaya dengan mitos – mitos seputar kehamilan. Namun hidup bermasyarakat tidaklah mudah, ketika Anda ingin berpikir positif yang ada malah beberapa mitos dan aturan akan membuat bingung.

Banyaknya mitos ibu hamil yang beredar dimasyarakat harus Anda ketahui kebenarannya karena beberapa mitos tersebut belum tentu benar. Berikut adalah fakta dan mitos ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Mitos dan fakta seputar ibu hamil

1. Mitos : Minum es menyebabkan janin tumbuh besar
Fakta : minum air dengan es tidak memiliki nilai gizi atau energi apapun sehingga tidak akan mempengaruhi peningkatan berat badan janin. Kecuali jika Anda minum es dengan ditambah gula, sirup, dan madu yang berlebihan. Karena kandungan karbohidrat inilah yang menyebabkan janin memiliki berat di atas normal.

2. Mitos : Banyak makan sambal membuat bayi botak
Fakta : Lebat atau tidaknya rambut bayi bergantung dari orangtuanya, karena genetik orangtua akan bergabung dan menurun pada anaknya. Jadi mengonsumsi cabai ataupun sambal tidak berkaitan dengan rambut bayi. Tapi, Ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk makan cabai atau sambal terlalu banyak karena dapat menyebabkan iritasi saluran cerna sehingga menyebabkan diare.

3. Mitos : Makan jeruk meyebabkan bayi kuning
Fakta : Dua sampai tiga hari paska melahirkan jika fungsi hati bayi Anda masih belum sempurna dan produksi bilirubin meningkat, bayi dapat mengalami kuning. Hal ini wajar dan tidak ada kaitannya dengan konsumsi jeruk yang berlebihan. Mengonsumsi jeruk justru baik untuk ibu hamil karena jeruk sebagia sumber vitamin C. Jadi hal ini hanyalah mitos ibu hamil yang tidak perlu dipercaya.

4. Mitos : Ibu hamil tidak boleh makan buah pisang ambon, nanas, dan durian
Fakta : Saat hamil sebenarnya Anda boleh mengonsumsi buah apapun namun tidak boleh berlebihan. Jika terjadi gangguan saat mengonsumsinya, mungkin saat itu Anda dalam kondisi tidak fit atau memang alergi dengan buah tersebut.

5. Mitos : Minum susu bayi menjadi putih, minum kopi bayi menjadi hitam
Fakta : Hal ini sama sekali tidak benar, karena warna kulit bayi tergantung genetik dari orang tuanya. Jadi meminum yang berwarna putih atau gelap tidak akan mempengaruhi warna kulit bayi.

Mitos ibu hamil di atas biasanya sering Anda dengar, oleh karena itu jangan langsung percaya dengan hal tersebut. Jika Anda ragu bisa berkonsultasi dengan dokter.  Baca juga : 5 Langkah Melewati Trimester Pertama dengan Aman

author
No Response

Leave a reply "5 Mitos Ibu Hamil yang Perlu Anda Tau!"