5 Olahraga Pasca Melahirkan untuk Membakar Lemak

5 Olahraga Pasca Melahirkan untuk Membakar Lemak

Olahraga pasca melahirkan – Saat mengandung, berat badan ibu hamil yang sehat harus terus bertambah, pertambahan berat badan ini tidak hanya karena adanya janin dalam kandungan namun juga asupan makanan yang di konsumsi saat hamil karena wanita hamil di tuntut untuk selalu makan dan tidak dianjurkan membiarkan perut kosong dalam waktu lebih dari 3 jam. Kondisi inilah yang membuat badan ibu hamil menjadi gemuk bahkan setelah proses melahirkan.

Hal ini tentu saja sangat dikhawatirkan oleh setiap wanita karena mereka ingin selalu terlihat cantik dan memiliki bentuk tubuh proporsional yang indah seperti saat sebelum hamil. Tidak mudah untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan dan tidak sedikit wanita yang gagal untuk melakukannya. Padahal sebenarnya menurunkan berat badan setelah melahirkan cukup mudah dan tidak memerlukan diet ketat hanya dengan melakukan olahraga pasca melahirkan. Apasaja olahraga yang tepat dilakukan setelah pasca persalinan? Simak ulasan berikut.

Jenis olahraga pasca persalinan

1. Jogging

Jogging juga sebagai salah satu olahraga setelah melahirkan 40 hari jika keadaan Anda sudah benar-benar pulih. Anda bisa melakukan jogging pagi-pagi setiap hari untuk membantu Anda membakar kalori secara bertahap, sedikit demi sedikit.

2. Berjalan santai

Berjalan-jalan adalah salah satu kegiatan ringan yang bisa membakar lemak. Lakukan aktivitas yang mengharuskan kita berjalan kaki, misalnya mengunjungi pasar minggu, museum, atau taman bermain. Selain itu, lakukan jalan-jalan santai selama 10 menit setiap pagi. Tidak perlu ke tempat yang jauh, cukup ke seputaran kompleks. Kegiatan ini bisa membangkitkan semangat untuk berolahraga dan memperlancar sirkulasi darah sehingga bunda akan melewati hari dengan lebih semangat.

3. Sit up

Anda juga bisa melakukan sit up dengan cara bayi diletakkan tepat di paha Anda. Hal ini bisa Anda lakukan secara rutin untuk mengecilkan perut yang buncit pasca melahirkan.

4. Yoga dan pilates

Yoga dan pilates adalah kegiatan fisik yang efektif membakar lemak disamping juga dapat mengurangi kejenuhan. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan mengambil kelas yoga atau pilates. Bila tidak ada komplikasi, biasanya ibu yang melahirkan normal dapat memulai latihan ini setelah 6 minggu, sedangkan ibu yang menjalani operasi caesar perlu menunggu hingga 10 minggu.

5. Berenang

Olahraga yang dianjurkan pasca melahirkan selanjutnya adalah berenang. Dengan berenang, maka Anda membantu semua anggota tubuh bergerak bebas dan ampuh untuk membakar lemak sekaligus menyegarkan kembali badan setelah proses persalinan.

6. Menguatkan Otot Tangan Dengan Cara Menggendong Bayi

Olah raga pasca melahirkan selanjut nya yaitu menggendong bayi, Anda juga bisa berolahraga sambil menggendong bayi Anda, hal ini dapat menguatkan kembali otot-otot tangan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan waktu bermain bersama si kecil sambil berolahraga ringan. Selain itu, sering-seringlah membawa si kecil keluar rumah dan mengajaknya main sambil menggendongnya.

Nah, untuk itu jangan lupa untuk melakukan olahraga pasca melahirkan, selain menyehatkan olahraga ini juga membantu menurunkan berat badan pasca persalinan dengan aman dan tepat. Melakukan perawatan tubuh pasca melahirkan harus dilakukan agar badan kembali seperti saat Anda sebelum hamil. Baca juga : 3 Hal ini Perlu Diperhatikan Pasca Melahirkan!

author
No Response

Leave a reply "5 Olahraga Pasca Melahirkan untuk Membakar Lemak"