5 Penanganan Tepat Mengatasi Anak Hiperaktif

No comment 747 views

5 Penanganan Tepat Mengatasi Anak Hiperaktif

Anak hiperaktif – Mempunyai anak yang aktif dan cerdas adalah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Namun bagaimana jika anak yang terlalu aktif hingga menjadi hiperaktif? Sebenarnya anak hiperaktif tidak boleh dikucilkan karena anak tersebut kekurangan perhatian untuk itu jangan menjauhi anak yang mengalami gangguan yang dikenal dengan istilah medis Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD.

Anak hiperaktif perlu mendapat bantuan penanganan tertentu agar tidak berkelanjutan hingga dewasa. Dilihat dari ciri – cirinya anak yang mengalami hiperaktif pada usia sekolah akan terganggu akademiknya dan juga interaksi kepada teman – temannya tidak baik. Selain itu anak hiperaktif tidak bisa tenang seolah mempunyai tenaga yang tidak ada habisnya. Tidak hanya itu, anak hiperaktif sering mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, diare dan sering tebungun dimalam hari karena susah tidur.

Bila gangguan hiperaktif ini berlanjut hingga dewasa akan berakibat masalah yang serius. Untuk itu berikut adalah cara mengatasi anak hiperaktif yang bisa dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat – obatan.

Cara mengatasi anak hiperaktif

1. Saat anak hiperaktif sedang emosi dan frustasi, Anda bisa membantunya dengan menyuruhnya untuk mengatur napas. Hal ini efektif untuk menenangkan dirinya. Cara mengambil napas yang benar dengan menghirup dari hidung dan buang perlahan melalui mulut.

2. Untuk menghilangkan stres pada anak hiperaktif Anda bisa mengajaknya untuk mandi air hangat atau mandi busa. Bisa juga dengan menambahkan mainan seperti bebek karet kedalam bak mandi anak, namun tidak terlalu banyak mainan.\

3. Dengan memberinya pijatan dan sentuhan lembut anak akan mendapatkan stimulasi fisik dan membuat dia sadar bahwa Anda menyayanginya. Selain itu dengan pijatan akan berguna untuk menenangkan.

4. Beri dia ketenangan dengan mengatur suasana kamarnya menggunakan pencahayaan yang redup dan beri musik – musik relaksasi.

5. Jangan memalukan tindak kekerasan kepada anak hiperaktif seperti mencubit atau memukulnya saat dia berbuat salah, karena hal tersebut akan berdampak negatif. Hal yang harusnya Anda lakukan yaitu memujinya saat berbuat baik dan menasehatinya secara lembut saat ia melakukan kesalahan.

Beri perlakuan anak hiperaktif dengan baik, jangan lupa untuk memberikan sugesti positif kepadanya seperti membacakan dongeng atau cerita yang mengandung nasehat. Baca juga : Jangan Salah Vonis! Kenali Penyebab Anak Hiperaktif Berikut

author
No Response

Leave a reply "5 Penanganan Tepat Mengatasi Anak Hiperaktif"