5 Perawatan Tepat untuk Tali Pusat Bayi Baru Lahir!

5 Perawatan Tepat untuk Tali Pusat Bayi Baru Lahir!

Tali pusat bayi – Setelah bayi lahir tentu saja bunda akan disibukkan dengan kegiatan merawat bayi. Sebagai ibu baru, merawat bayi akan menjadi hal yang susah dilakukan jika kurang informasi. Berhati – hati adalah hal yang penting saat melakukan perawatan bayi baru lahir karena bayi kecil yang baru lahir sangatlah rapuh.

Melakukan perawatan bayi seperti memberinya ASI, memandikan dan merawat tali pusat harus dilakukan seorang ibu. Diantara semua hal tersebut yang paling susah dilakukan adalah melakukan perawatan tali pusat bayi, karena tali pusat harus mendapatkan perawatan yang tepat agar bayi tidak terserang infeksi.

Tali pusat merupakan berfungsi untuk menghubungkan bayi yang berada didalam kandungan dengan plasenta ibu. Dan pada umumnya tali pusat bayi akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 4 minggu. Sebagai ibu baru perlunya pengetahuan yang tepat untuk merawat tali pusat bayi sangat penting. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan untuk merawat tali pusat bayi agar terhindari dari infeksi yang menyebabkan serangan tetanus.

Cara merawat tali pusat bayi

1. Rutin mengganti kasa pada tali pusat bayi setelah selesai mandi, gunakan kasa steril yang dijual di apotek. Perlunya penggunaan kasa steril agar tidak ada bakteri yang masuk karena bakteri menyebabkan infeksi tali pusat.

2. Memandikan bayi baru lahir yang benar yaitu dengan menggunakan washlap. Basuh bayi dengan air hangat dan usahakan tidak memandikan bayi dengan cara berendam sebelum tali pusat terlepas.

3. Memasangkan popok yang benar pada bayi baru lahir harus di bawah perut, hal ini bertujuan agar tali pusat bayi tidak terkena kotoran ataupun pipisnya.

4. Pilihlah pakaian yang longgar untuk bayi karena selain nyaman penggunaan pakaian yang longgar ini bertujuan agar sirkulasi udara di sekitar tali pusat lancar.

5. Ketika tali pusat bayi sudah lepas dengan sendirinya biarkan daerah sekitar pusat sembuh dan mengering, jangan menutup atau memberi plester.

Melakukan perawatan tali pusat bayi memang gampang – gampang susah namun dengan informasi yang tepat Anda tidak perlu khawatir. Selain itu bunda dilarang untuk memberikan obat atau salep yang bertujuan untuk melepas tali pusat. Jika terjadi pendarahan, keluar nanah dan bau pada tali pusat bayi segera hubungi dokter. Baca juga : 5 Kiat Sukses Menjadi Seorang Ibu Baru

author
No Response

Leave a reply "5 Perawatan Tepat untuk Tali Pusat Bayi Baru Lahir!"