5 Persiapan Persalinan yang Ibu Hamil Wajib Tahu

persiapan ibu hamil sebelum persalinanPersiapan Persalinan – Sebagai ibu hamil, menjaga kesehatan kandungan dan juga fisik ibu hamil sangatlah penting, sehingga kelak ketika menghadapi persalinan ibu dan bayi dalam kandungan sudah siap. Ibu hamil harus benar-benar menyiapkan kandungan fisik agar kelak ketika persalinan sudah sanggup untuk menjalani dan yang pasti dapat melahirkan bayi dengan normal dan sehat.

Untuk para ibu hamil yang ingin melakukan persiapan kesehatan selama hamil agar kelak mampu menjalani proses persalinan dengan lancar dan melahirkan dengan normal. Ini dia 5 persiapan sempurna untuk persalinan kelak.

  1. Beraktifitas dengan baik. Dengan selalu aktif untuk bergerak akan memicu janin dalam kandungan untuk terdorong masih ke jalan lahir, sehingga posisi bayi berada ditempat yang sempurna. Posisi yang tepat pada bayi ketika persalinan adalah posisi wajah janin menghadap ke pinggul belakang ketika bayi sudah siap untuk dilahirkan. Dengan kepala janin yang berada sekitar 9.5 cm masuk ke dalam jalan lahir yang berdiameter 11.5 cm secara benar, maka proses persalinan ibu akan menjadi lancar, cepat dan normal.
  2. Seringlah berjalan. Dengan berjalan, berdiri, atau duduk tegak,  gravitasi bumi akan menarik ke bawah kepala janin yang sudah berada di jalan lahir sehingga makin mendekati mulut rahim. Kepala janin akan menekan mulut rahim sehingga proses pembukaan akan dimulai secara bertahap.
  3. Ibu hamil wajib untuk mengetahu perkembangan janin. persiapan persalinan wajib dilakukan demi persalinan lancar, cepat dan normal. Sebagai ibu hamil, perlu sekali memperluas wawasan tentang kehamilan, sehingga ibu dapat melakukan persiapan yang matang selama melahirkan sebelum melakukan proses persalinan.
  4. Ciptakan rasa nyaman. Akrabkan diri dengan lingkungan rumah sakit  untuk mengurangi rasa cemas atau takut. Cobalah jalan perlahan-lahan di sekitar lingkungan rumah sakit. Perasaan nyaman akan mencegah produksi hormon adrenalin yang biasanya dikeluarkan tubuh saat ketakutan atau tegang. Bila tubuh menghasilkan hormon adrenalin, otot-otot tubuh akan tegang. Begitu juga otot-otot sepanjang jalan lahir, sehingga menyulitkan janin Anda untuk ke luar serta membuat proses persalinan jadi menyakitkan.
  5. Ingatlah teknik pernapasan yang sudah dipelajari. Atur napas dan bernapas dengan sadar akan membuat lebih tenang dalam menjalani persalinan. Mampu bernapas dalam akan makin banyak oksigen yang dapat dihirup dan dialirkan ke seluruh sel tubuh, termasuk sel otot-otot rahim sehingga mampu berkontraksi dan mendorong janin ke luar dari jalan lahir. Anda  pun menjadi makin rileks dan tenang. Otot-otot tubuh juga akan ikut mengendur sehingga rasa sakit selama proses persalinan  akan berkurang.
No Response

Leave a reply "5 Persiapan Persalinan yang Ibu Hamil Wajib Tahu"