5 Tatacara Bersepeda untuk Ibu Hamil

No comment 1018 views

5 Tatacara Bersepeda untuk Ibu Hamil

Bersepeda untuk ibu hamil – Agar ibu hamil tetap sehat dan dapat memperlancar persalinan, sangat di anjurkan untuk melakukan olahraga yang teratur. Namun olahara yang dilakukan oleh ibu hamil tidak boleh berat – berat.

Salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil dan janin adalah bersepeda. Selain menyehatkan olahraga ini juga menyenangkan, namun tetap saja ibu hamil haruslah memperhatikan keamanan agar tidak terjadi masalah pada janin. Bersepeda untuk ibu hamil mempunyai tata cara tersendiri yaitu sebagai berikut :

Tips bersepeda untuk ibu hamil

1. Bagian sadel sepeda
Tips bersepeda untuk ibu hamil yang pertama berhubungan dengan sadel. Saat hamil gunakan sadel sepeda dengan ukuran lebih lebar yang fungsinya untuk membuat ibu hamil terasa nyaman dan tidak menyumbat aliran darah akibat tekanan berat tubuh ibu hamil.

2. Peregangan atau pemanasan
Sebelum memulai melakukan aktifitas seperti olahraga sangat dianjurkan untuk melakukan peregangan atau pemanasan, peregangan bisa dilakukan selama lima menit dengan melibatkan peregangan tangan, kaki, kepala, dan juga bahu yang cukup dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana.

3. Bersepeda pada pagi hari
Tips yang berhubungan dengan bersepeda untuk ibu hamil berikutnya adalah pemilihan waktu yang tepat untuk bersepeda. Waktu yang tepat untuk bersepeda yaitu pada pagi hari saat matahari tidak terlalu terik, sekitar pukul 6 – 8 pagi. Hal ini dapat menghindari dari dehidrasi dan polusi, selain itu sinar matahari masih mengandung vitamin B yang bagus untuk kesehatan tulang Anda.

4. Minum air putih
Sebelum bersepeda imbangi dengan minum air putih yang banyak. Karena dengan minum air putih akan membantu mengeluarkan panas tubuh akibat kegiatan otot. Mengeluarkan panas dalam tubuh dapat menghindarkan diri dari gangguan pada tulang belakang.

5. Tambah porsi makanan
Setelah bersepeda akan menghabiskan cukup banyak kalori padahal ibu hamil harus selalu bertambah berat badannya. Untuk itu Anda harus mengganti kalori yang hilang dengan menambah porsi makanan Anda

Itulah tips bersepeda untuk ibu hamil yang harus Anda perhatikan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi sepeda Anda saat akan melakukan olahraga. Pastikan semuanya memiliki fungsi dengan baik agar terhindar dari kecelakaan. Baca juga : Wuhu, Kudapan Sehat untuk Ibu Hamilt

author
No Response

Leave a reply "5 Tatacara Bersepeda untuk Ibu Hamil"