5 Trik Ampuh Jaga Tubuh Tetap Bugar Usai Melahirkan

persalinan

Pagi Bun, bagaimana perasaan Anda saat pertama kali mendengar si Kecil menangis? Tentu perasaan haru dan senang bercampur menjadi satu. Rasa lelah menahan perut membuncit selama sembilan bulan tak lagi dirasakan. Namun, tubuh masih terlalu lemas pasca persalinan untuk bergerak-gerak bebas sehingga belum bisa mengajaknya untuk jalan-jalan.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan tubuh agar kembali bugar? Memang, tubuh ibu hamil tak bisa begitu saja kembali seperti semula tanpa proses. Oleh karena itu, lakukan kegiatan menyehatkan ini yang sudah dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Olahraga

Olahraga memang bisa membuat tubuh tetap bugar dan membakar lemak-lemak dalam tubuh. Bukan hanyaa ketika mengandung saja olahraga rutin dilakukan, tetapi juga pasca melahirkan. Mulailah dengan aktivitas sederhana seperti jalan kaki atau stretching di pagi hari, kemudian lanjut dengan yoga. Jangan paksakan diri apabila tubuh terasa lemas atau merasakan kesakitan pada bagian alat vital.

  • Istirahat Cukup

Pekerjaan rumah yang menumpuk memang membuat Anda terasa gatal untuk segera membereskannya. Namun, Anda harus ingat jika tenaga pasca melahirkan ini belum pulih total. Sebaiknya, jangan memaksakan diri untuk membereskannya sendiri saat masa seperti ini. Carilah orang yang mau membantu Anda di rumah untuk membereskan rumah dan istirahatlah dengan cukup.

  • Relaksasi

Kesibukan baru dengan menjalani peranan sebagai ibu memang membuat tubuh terasa lelah. Oleh karena itu, relaksasiĀ  sangat penting dilakukan untuk mengembalikan otot-otot yang tegang. Pijat memang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mengeluarkan hormon oxytocin yang mempermudah untuk menyusui, dan meregangkan otot-otot kaku.

  • Minum 2 Liter Air Setiap Hari

Usai melahirkan, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan yang masih banyak tersimpan di dalam tubuh. Biasanya, keringat akan bercucuran saat tidur malam dan sering buang air kecil. Untuk menghindari dehidrasi, pastikan Anda minum 1-2 gelas air putih di pagi hari dan memenuhi kebutuhan air sebanyak 2 liter per hari.

  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Tak dipungkiri lagi, jika usai melahirkan membutuhkan asupan nutrisi jauh lebih banyak. Nutrisi ini juga berguna untuk melancarkan ASI yang baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Jika 5 hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka kondisi tubuh bisa cepat pulih pasca persalinan. Pastikan, bahwa Anda selalu mengonsumsi makanan bergizi agar si Kecil bisa tumbuh dengan baik. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "5 Trik Ampuh Jaga Tubuh Tetap Bugar Usai Melahirkan"