5 Trik Mudah Hentikan Rengekan Anak di Tempat Umum

rengekan anak

Saat jalan-jalan di mall, tak jarang Anda melihat rengekan anak yang meminta membeli sesuatu. Terutama, saat melihat boneka atau mainan anak yang lucu dan disukainya. Terkadang orang tua menuruti begitu saja dengan alasan malu karena di tempat umum atau memang sengaja membelikannya sebagai hadiah atau kado.  Lantas, bagaimana cara mencegah rengekan anak di tempat umum? Yuk, simak informasi penting berikut ini:

  • Memberikan Nasihat Sejak Awal

Mengajari si Kecil tentang aturan sebelum mengajaknya pergi menjadi hal penting. Pasalnya, ia belum tahu mana hal yang boleh dan yang tidak. Untuk itu, ajari si Kecil sejak awal agar ia tetap sopan di mana pun berada. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan si Kecil merengek di tempat umum lho!

  • Mengganti Kata Larangan

Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil juga tak suka dengan kata larangan apalagi bentakan. Untuk itu, gantilah kata-kata larangan tersebut dengan kalimat yang halus seperti, “Sayang, kenapa tidak meminta baik-baik? Mama tidak suka jika adik merengek dan menangis!” Nah, dengan cara ini ia akan memahaminya tanpa meninggalkan rasa dongkol pada Anda.

  • Latihlah Si Kecil untuk Mandiri

Jangan biarkan si Kecil merengek karena meminta mengambilkan sesuatu. Misalnya, biarkan ia membuka kulkas sendiri saat ia minta cokelat. Bantulah ia dengan mengangkat badannya hingga sampai dipegangan kulkas. Hal ini akan membantunya untuk semakin mandiri dan menghargai usahanya untuk mendapatkan cokelat.

  • Jangan Marah dan Membentak

Memarahinya dan membentak si Kecil saat merengek akan membuatnya makin merengek dengan keras. Jika membentak si Kecil saat merengek, sama halnya Anda merengek versi dewasa. Sikapilah dengan bijaksana agar ia meniru cara Anda dalam menghadapi masalah. Tentu tahu kan, jika “buah tak  jauh dari pohonnya”!

  • Alihkan Perhatian si Kecil

Ketika ia merengek, tentu suaranya sangat mengganggu orang yang ada di sekitar. Hentikan rengekan tersebut dengan bergurau atau mengajaknya bermain. Dengan begitu, ia akan menghentikan rengekan tersebut dan beralih ke hal lain yang menarik perhatian. Sodorkan mainan kesukaannya atau gendonglah si Kecil dan mengajaknya jalan-jalan.

Mudah kan, menghentikan rengekan anak? Sesekali, ketika ia merengek siapkan makanan kesukaannya untuk mengalihkan pandangannya. Anda juga bisa memeluknya atau mencium pipinya agar emosinya kembali stabil. Berikan contoh yang baik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "5 Trik Mudah Hentikan Rengekan Anak di Tempat Umum"