6 Bahasa Tubuh Bayi saat Bosan

No comment 1827 views

bayi bosan

Bukan hanya orang dewasa saja yang mampu berisyarat, tetapi bayi sehat Anda juga bisa lho! Saat ia mulai merasakan kelelahan dan bosan dengan aktivitasnya, ia akan memberikan pertanda kepada Anda melalui bahasa tubuhnya. Sebagai orang tua, tentu harus peka dengan kebiasaan ini agar mudah memahami apa yang dikehendaki si Kecil.

Saat si Kecil terlalu lama bermain dan tertawa terkekeh-kekeh, ia pasti cukup lelah dan ingin segera tidur. Namun, untuk mengungkapkannya, setiap bayi memiliki bahasa tubuh masing-masing untuk mengatakan kepada orang tuanya “Aku bosan dan lelah.” Nah, informasi berikut ini akan membantu Anda memahami bahasa tubuh bayi:

  • Mata Mengecil

Sama halnya seperti orang dewasa, ketika ia lelah dan mengantuk maka matanya akan menyempit dan terlihat malas untuk membukanya. Segeralah bersihkan badannya dan letakkan tubuhnya pada tempat tidur. Tidak lama kemudian si Kecil telah tertidur pulas.

  • Merengek

Mungkin beberapa orang tua di sana menganggap bahwa bayi sehat menangis itu menandakan bahwa ia sedang lapar. Padahal, tidak semua tangisan bayi tersebut menunjukkan bahwa dirinya sedang menginginkan makan. Bisa jadi si Kecil telah bosan dengan mainannya dan menghendaki tidur dengan nyenyak.

  • Tatapan Mata Berkaca-kaca

Lihatlah tatapan mata si Kecil ya, Bu! Ketika si Kecil mulai menunjukkan pandangan mata sayup-sayup dan berkaca-kaca, berarti ia mengantuk karena bosan. Untuk itu, baringkanlah badannya di tempat tidur yang empuk agar ia tidur dengan nyenyak.

  • Menguap

Meskipun ia masih sanggup untuk tertawa terbahak-bahak, tetapi jika beberapa kali ia menguap, sebaiknya hentikanlah bermain dengan si Kecil. Menguap merupakan salah satu pertanda umum untuk menunjukkan bahwa ia ingin tidur. Laplah badannya dengan tisu basah serta gantilah pakaiannya dengan baju tidur agar si Kecil dapat tertidur dengan nyenyak.

  • Tangan Lurus dan Memukul-mukul ke Bawah

Pertanda melalui gerakan fisik tersebut tergolong mudah dimengerti karena terlihat secara visual. Yah, ketika ia bosan dan ingin berganti suasana, biasanya ia akan membuat tangannya menjadi kaku dan memukul-mukulkan ke tempat tidur. Anda bisa mengajaknya tidur atau berganti permainan.

  • Mengalihkan Pandangan

Untuk mengatakan bosan, si Kecil bisa jadi mengalihkan pandangan dan fokus ke hal lain yang dilihatnya. Tentu hal ini mudah dipahami karena ia enggan tertawa dengan permainan yang Anda tawari.

Untuk itu, Ibu perlu membaca beragam artikel agar bisa memahami bahasa bayi sehat saat ia bosan. Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil pun akan bosan jika ia terlalu sering dengan permainan-permainan itu saja. Pahami si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "6 Bahasa Tubuh Bayi saat Bosan"