6 Cara Efektif Memperbanyak ASI

No comment 1083 views

6 Cara Efektif Memperbanyak ASI

Cara memperbanyak ASI – Untuk mempererat hubungan antara ibu dan bayi yaitu dengan cara memberikan ASI. Tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari ASI untuk bayi. Manfaat ASI tidak bisa diperoleh atau digantikan oleh susu lainnya, untuk itu memberikan ASI sangat penting.

Sebenarnya sejak Anda hamil, hormon dalam tubuh Anda mulai memproduksi ASI. Dan setelah melahirkan, tubuh Anda tidak tahu persis berapa banyak ASI yang dibutuhkan. ASI yang di produksi setiap orang berbeda – beda, ada yang memproduksi banyak dan ada pula yang memproduksi sedikit. Jika Anda memproduksi sedikit ASI jangan khawatir, berikut adalah cara memperbanyak ASI.

Cara mudah memperbanyak ASI

1.Untuk memperbanyak ASI yang harus Anda lakukan yaitu berikan ASI kepada bayi sesering mungkin, walaupun ASI tidak begitu banyak akan tetapi dengan cara tersebut akan merangsang produksi ASI sehingga produksi ASI akan meningkat. Anda dapat meningkatkan frekuensi menyusui bayi atau dengan cara memerah ASI. Semakin sering Anda penyaluran ASI maka akan meningkatkan produksi ASI secara alamiah.

2. Pada trimester ke-3 kehamilan, Anda bisa mulai membersihkan puting susu agar jalan keluar ASI lancar. Dengan cara bersihkan dengan baby oil sebelum mandi. Lakukan sambil memilin-milin puting terutama pada lipatan-lipatan di ujung puting. Lakukan hal tersebut beberapa hari sekali. Dan sering – seringlah memijat payudara dengan baby oil.

3. Cara memperbanyak ASI yang berikutnya yaitu dengan memberikan ASI secara bergantian pada bagian kiri atau kanan sehingga bayi tidak bosan. Sebenarnya tujuan utama melakukan hal ini yaitu mengalirkan ASI, sehingga ASI yang sudah diproduksi sebaiknya di alirkan dan ASI akan diproduksi kembali.

4. Memompa adalah salah satu cara efektif untuk memperbanyak ASI. Bagi ibu baru, mungkin ketrampilan menyusui belum cukup memadai. Kesalahan posisi saat menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI yang keluar tidak lancar. Untuk itu Anda bisa menggunakan pompa saat menyusui.

5. Dengan memperbanyakkonsumsi air putih dana jus dari buah dan sayur segar dapat membatu memperbanyak ASI.

6. Hindari merokok karena bukan hanya dapat menurunkan produksi ASI, nikotin yang terkandung di dalam rokok bisa ikut masuk ke dalam aliran ASI dan meracuni si Kecil. Perokok pasif juga beresiko SIDS (sindrom bayi mati mendadak), bronkitis, resiko asma, dan pneunomia.

Dengan mengikuti cara memperbanyak ASI diatas Anda dapat meningkatkan produksi ASI. Selamat mencoba! Baca juga : Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Baru Melahirkan

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Efektif Memperbanyak ASI"