6 Cara Mengatasi Anak Yang Sangat Pemalu!

No comment 872 views
6 Cara Mengatasi Buah Hati yang Sangat Pemalu!

6 Cara Mengatasi Buah Hati yang Sangat Pemalu!

Cara Mengatasi Anak Pemalu -Semua anak memiliki kepribadin masing-masing yang, ada yang pemalu dan ada juga yang bahkan sangat cerewet. Rasa malu termsuk dalam kepribadian bukan merupakan sebuah kesalahan. Dan malu sangat diperlukan jika anak berbuat hal yang tida terpuji. Namun, jika arsa malu yang dimiliki buah hati sudah sangat berlebihan Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi anak pemalu.

Inilah cara untuk mengatasi buah hati yang memiliki kepribadian sangat pemalu.

  • Bantu anak temukan kemampuannya

Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin menemukan jalan yang bisa membuat bauh hati agara tidak jadi seorang pemalu lagi. Nah, salah satu jalannya adalah bantu buah hati untuk temukan apa kelebihan atau kemampaun yang dimiliki. Yakinkan kepada anak bahwa setiap orang memiliki kempuan sendiri-sendiri. Dukung buah hati agar selalu berkembang dalam berbagai bidang, baik itu akademik ataupun di dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat. Agar sifat malunya tersebut bukan menjadi sebuah hal yang menghalanginya untuk berprestasi ataupun maju.

Baca juga:

  • Ajari anak untuk berteman

Untuk seorang anak dengan kepribadian pemalu, mengajari mereka untuk berteman juga snagat perlu. Ajari mereka cara untuk memulai sebuah perkenalan, dan dukung mereka untuk mencari teman sebanyak-banyaknya agar bisa belajar dari semuanya. Namun, selalu awasi interaksi anak dengan teman-temannya, dikhawatirkan karena memiliki kepribadian yang sangat pemlau buah hati Anda akan di bully secara tidak langsung atau langsung.

  • Arahkan anak untuk percaya diri

Mengajari anak menjadi percaya diri tidak boleh dengan cara yang keras atau dalam artian dipaksa. Namun, haruslah menggunakan metode pendekatan yang sangat halus. Ajari anak untuk percaya diri menghadapi berbagai tantangan yang menghadang. Tidak hanya itu saja, secara perlahn-lahan rasa malu yang yang berlebihan pada anak akan terkikis dengan sendirinya.

  • Jangan pernah berikan label pemalu

Kepribadian seseorang, salah satunya bisa dibentuk karena sering dilabeli atau dijuluki dengan hal terssebut. Maka dari itu, jangan pernah melabeli anak sebagai pemalu ataupun hal-hal yang kurang baik lainnya. Tidak hanya merusak mental anak saja, secara perlahan mereka akan menanamkan hal tersebut ke dalam pikirannya dan menyakini kebenaran hal tersebut. Terlebih lagi, melabeli atau memberi julukan buah hati dengan pemalu akan membuat sifat tersbut seakan sulit untuk dipisahkan dari diri mereka.

  • Berbincanglah dengan kontak mata secara langsung

Anda adalah role model bagi buah hati. Maka dari itu, berilah contoh kepada  buah hati untuk selalu menggunakan kontak mata saat berbincang. Secara tidak langsung, Anda memberikan contoh kepada mereka untuk semakin percaya diri dengan jalan melakukan kontak mata. Ada mereka yang saking malunya, untuk melakukan kontak mata yang cukup sederhanapun akan merasa kesusahan.

  • Melakukan percakapan dengan yang lebih muda

Cara lainnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri kepada buah hati adalah mengarahkannya berbincang atau berinteraksi dengan mereka yang memiliki usia lebih muda. Berdasarkan pada Philip Zimbardo, seorang psikolog dari New York melakukan percakapan dengan mereka yang lebih muda akan membuat anak tampil makin percaya diri. Hal ini terjadi secara naluri untuk melindungi dan mengayomi mereka yang berusia lebih muda karena merasa lebih dewasa.

  • Bantu Melakukan Kontak Mata

Cara mengatasi anak pemalu selanjut nya yaitu ketika berbicara dengan anak, minta ia selalu untuk menatap mata bunda, dikarenakan dengan memaksa dan menerapkannya setiap waktu, lambat laun anak akan terbiasa melakukan kontak mata dengan lawan bicara nya bun.

Namun jika si anak tidak merasa nyaman menatap tepat di mata lawan bicara, ajarkan juga ia untuk menatap puncak hidung di antara kedua mata orang di hadapannya.  Dan dengan melakukan praktik berulang kali, anak tidak akan memerlukan teknik ini lagi dan lebih percaya diri untuk menatap langsung mata lawan bicaranya. Dengan melakukan banyak konak mata si Anaka akan menggapinya dengan berbicara.

Itulah 6 cara mengatasi anak yang pemalu yang bisa sangat efektif untuk menumbuh kembangkan rasa percaya dirinya. Jangan segan untuk menerapkan cara-cara di atas.

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Mengatasi Anak Yang Sangat Pemalu!"