6 Cara Sukses Mendidik Anak Usia Dini

No comment 878 views

6 Cara Sukses Mendidik Anak Usia Dini

Cara mendidik anak – Jika Anda menginginkan anak tumbuh dengan baik dan cerdas, Anda harus mendidik anak tersebut mulai dini. Bahkan mulai bayi pun Anda sudah bisa mendidik anak agar kelak ia akan tumbuh menjadi seseorang yang baik dan cerdas. Ibaratnya, bayi adalah kertas putih yang kosong sehingga apa yang Anda berikan pada saat ini akan dibawa hingga ia tumbuh dewasa nanti.

Anak merupakan harapan dan tumpuan orang tua di kemudian hari. Jadi jika Anda ingin menghasilkan buah yang baik pada esok hari, Anda harus memulainya sejak dari sekarang. Berikut adalah cara mendidik anak agar ia tumbuh menjadi pribadi yang diharapkan kelak.

Cara mendidik anak di usia dini

1. Memberi minum ASI
Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa ASI mengandung banyak gizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kecerdasan bayi. Untuk itu jangan sampai Anda tidak memberikan bayi ASI. Berikan ia ASI hingga mencapai usia 2 tahun atau minimal 6 bulan.

2. Memberi kasih sayang
Kasih sayang dan perhatian dari orang tua akan membuat ia tumbuh menjadi orang yang baik. Anda bisa melihat sendiri perbedaan anak yang tumbuh dengan kasih sayang tidak mendapat kasih sayang dari orang tuanya. Untuk itu selalu sayangi mereka dan bersikaplah lembut. Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan anak yang cerdas dengan cara berkomunikasi dengan baik dan penuh perhatian.

3. Menjadi pendengar yang baik
Sebagai orang tua Anda harus menjadi pendengar yang baik untuk anak dan mau mendengarkan setiap keluh kesah yang diungkapkannya. Hal ini merupakan kunci sukses membangun rasa percaya diri anak tersebut.

4. Hindari kata “jangan”
Kesalahan inilah yang sering dilakukan oleh orang tua. Sesungguhnya jika kita terlalu sering mengucapkan kata tersebut justru akan berdampak negatif karena akan membuat anak tidak berkembang kreatifitasnya. Anda bisa mengganti kata “jangan” dengan kata – kata yang lebih positif seperti : “jangan berebut!” menjadi “mainnya bergantian ya”, “jangan buang sampah sembarangan” menjadi “buang sampah pada tempatnya ya”, dan sebagainya.

5. Ajarkan tanggung jawab
Selali ajarkan dan ingatkan anak Anda untuk bertanggung jawab terhadap dirinya. Misalnya jika ia menghilangkan barang milik temannya, ajak dia untuk meminta maaf dan mengganti barangnya.

6. Jangan ditakut-takuti
Biasanya Orang tua cenderung mengambil “jalan pintas” yang mudah agar anaknya dengan segara dapat menurut. Selain berbohong, orang tua juga biasanya kerap menakut-nakuti. Sebenarnya hal ini merupakan perilaku orang tua yang keliru karena selain akan menjadi semacam trauma saat ia dewasa nanti, hal ini juga mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri sehingga dapat mengurung kreatifitasnya.

Dengan cara mendidik anak seperti di atas, Anda akan mendapatkan anak yang baik dan cerdas. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam mendidik anak. Baca juga : Tips Cerdas Mendidik Anak Balita yang Senang Melempar

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Sukses Mendidik Anak Usia Dini"