6 Kegiatan Sehari – hari Bantu Stimulasi Bayi

6 Kegiatan Sehari - hari Bantu Stimulasi Bayi

Stimulasi bayi –¬†Tentunya bunda ingin si kecil tubuh sehat dan cerdas bukan? Sudah pasti hal itu adalah idamanan setiap bunda di seluruh dunia. Agar bayi tumbuh sehat dan cerdas bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun ternyata hal tersebut hanyalah salah satu caranya.

Untuk merangsang kecerdasan si kecil bunda harus memberikan stimulasi bayi. Dengan mengajarkan gerakan – gerakan yang bermanfaat akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Memberikan stimulasi bayi tidak harus menggunakan metode yang canggih, bunda bisa melakukan sendiri di rumah dengan melakukan perawatan bayi sehari – hari berikut.

Metode mudah menstimulasi bayi

1. Tengkurap
Langkah mudah untuk menstimulasi bayi yaitu dengan melakukan tummy time. Tummy time adalah waktu yang digunakan si kecil ketika tengkurap sambil menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu. Bunda bisa menyiapkan benda yang menarik atau benda kesayangannya agar si kecil terdorong untuk meraihnya.

2. Mengangkat kepala
Dengan menggerakan si kecil di atas bola akan membantu menguatkan otot penyangga kepala, bahu, dan mengasah keterampilan menjaga keseimbangan bayi.

3. Merangkak
Cara menstimulasi bayi yang satu ini hampir sama dengan Tummy time. Saat bayi mulai mengangkat kepalanya bunda hanya perlu menyediakan mainan kesayangannya yang di letakan pada jarak sekitar 1 meter. Jika si kecil tertarik dia akan menggerakan badannya maju.

4. Finger food
Stimulasi bayi bisa dilakukan dengan mengajarkannya untuk makan sendiri. Hal ini dilakukan saat bayi memasuki usia 7 Р9 bulan. Berikan bayi finger food seperti biskuit bayi dan makanan bayi lainnya, dengan hal ini bunda bisa melatih kemampuan motorik halus anak. Baca juga : Yummy! 3 Resep Finger Food Menyehatkan untuk Bayi

5. Memijat bayi
Bunda dapat melakukan pemijatan bayi dengan lembut sehingga memberikan stimulasi pada bagian saraf bayi. Pijatan yang lembut akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi anda. Anda bisa melakukan pemijatan ketika bayi anda baru saja selesai mandi, sekitar 5-10 menit.

6. Stimulasi vestibular
Melakukan stimulasi vestibular atau di sebut juga dengan kesimbangan. Menurut pandangan neurosains pada awal periode bayi tetap memerlukan perasaan dan juga suasan ayunan air seperti ketika masih di dalam kandungan. Anda bisa melakukan stimulasi vestibular pada saat bayi sedang mandi.

6 cara stimulasi bayi di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah dalam kegiatan sehari – hari. Masih banyak kegiatan yang dapat bunda lakukan untuk menstimulasi bayi seperti berjalan, berbicara, duduk dan lain – lain. Selamat mencoba.

author
No Response

Leave a reply "6 Kegiatan Sehari – hari Bantu Stimulasi Bayi"