6 Langkah Mudah Merawat Luka Lecet Pada Anak

No comment 2035 views

terluka

perawatan luka lecet pada anakLuka lecet adalah luka dangkal yang terbuka yang dapat menimbulkan pendarahan atau rasa perih pada sekitar anggota tubuh yang terluka. Luka lecet biasanya terjadi karena kulit kulit bergesekan dengan tanah atau benda keras lainnya. Luka lecet sering sekali terjadi pada anak – anak saat mereka bermain ataupun sedang berolahraga. Kemudian bagaimana cara yang tepat untuk perawatan luka ini ? Berikut adalah tips perawatan luka lecet pada anak yang simple :

Perawatan mudah luka lecet pada anak

  • Tenangkan anak

Anak – anak aka sering menangis apabila mereka mengalami luka disalah satu bagian tubuhnya. Tangisan itu sebenarnya perpaduan antara rasa sakit dan rasa cemas. Sebelum itu anda harus menenangkan mereka terlebih dahulu berikanlah nasehat secara lembut dan buatlah mereka secara nyaman . Seteleh mereka sudah merasa tenang anda dapat melakukan tindakan selanjutnya.

  • Cuci tangan anda

Sebelum melakukan perawatan anda harus mencuci kedua tangan anda agar kuman yang ada ditangan anda tidak ikut tertular kepada luka lecet anak anda.

  • Bersihkan luka terlebih dahulu

Apabila anak anda jatuh ditanah dan pada lukanya terdapat kotoran seperti tanah berarti langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membersihan dahulu luka tersebut dari tanah untuk mencegah infeksi. Lakukanlah denga perlahan agar rasa sakitnya tidak terasa lebih anda juga dapat membersihkan luka lecetnya dengan menggunakan kasa yang bersih yang dibasahi.

  • Berikan cairan antiseptik

Setelah luka benar – benar bersih berikanlah cairan antiseptik ke luka yang lecet itu. Tapi perlu bunda ingat jangan sampai memberi antiseptik yang didalamnya terkandung alkohol karena zat alkohol dapat menyebabkan luka yang dirasakan menjadi lebih perih.

  • Perban luka lecetnya

Pada umunya luka memang lebih cepat sembuh apabila dibiarkan terbuka tapi luka juga perlu ditutup untuk menghindari dari kotoran atau debu – debu yang bisa menyebabkan infeksi. Gunakanlah perban yang tidak lengket pada luka agar mudah dilepas dan tidak akan menimbulkan luka baru. Perban harus diganti minimal dua kali agar tidak kotor dan lembab . Anda juga dapat menggunakan perban kedap air sehingga anak anda dapat mandi ataupun melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan air.

  • Biarkan luka mengering

Jangan menggaruk atau mengelupas pada luka yang sudah kering dan jaga lukanya dari benturan . Luka yang sudah kering merupakan lapisan kulit yang menjaga luka dari infeksi dalam proses penyembuhan. Apabilan anak anda merasa gatal disekitar luka maka anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang baik itu membuktikan bahwa proses penyembuhan sedng berlangsung dengan baik.

 

Itulah bunda beberapa cara perawatan luka lecet pada anak yang tepat dan efektif . Berikanlah beberapa perhatian pada buah hati anda pada saat mengalami luka agar mereka tidak merasa cemas dan takut kemudian lakukanlah hal – hal denga cepat untuk menangani lukanya agar terbebas dari bahaya infeksi. Baca juga Tips Dalam Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

author
No Response

Leave a reply "6 Langkah Mudah Merawat Luka Lecet Pada Anak"