6 Tips Cerdas Agar Anak Tidak Pilah Pilih Makanan

gambar5

pilah pilih makanan pada anak – Pada usia 6 bulan merupakan tahap awal untuk mengenal makanan padat selain ASI. Pada usia ini orang tua harus memperhatikan menu makanan sikecil dan juga haru mengenalkan pola makan yang baik agar menjadi kebiasaan yang baik karena dengan membiasakan sikecil untuk mengatur pola makan yang baik maka akan memiliki manfaat yang baik juga bagi anak anda.

Bagi orang tua yang mengetahui tanda – tanda anaknya tidak suka makan sayur atau mengemut makanan sangat lama didalam mulutnya itu merupakan tanda – tanda yang tidak baik dan harus segera ditangani agar tidak berkelanjutan. Pilah pilih makanan pada anak tentunya tidak disukai bagi para orang tua karena para orang tua khawatir jika asupan gizi yang dibutuhkan anak – anak tidak terpenuhi dengan sempurna. Selain itu juga ada beberapa resiko jika anak suka pilah pilih makanan contohnya seperti mudah terserang penyakit, berat badannya tidak bertambah, dan juga bisa pertumbuhannya menjadi lambat. Berikut adalah tips agar anak anda tidak suka pilah pilih makanan yang perlu para orang tua ketahui :

Tips untuk anak yang suka pilah pilih makanan

  • Kenalkan anak pada berbagai jenis makanan

Para orang tua wajib untuk mengenalkan berbagai jenis makanan pada anak setidaknya dalam waktu 2 – 4 hari contohnya anda mengenalkan mereka dengan biskuit, bubur atau makanan yang lainnya untuk menu makanan setiap harinya. Selain mengenalkan berbagai jenis makanan anda juga harus tau apakah anak anda alergi pada makanan tertentu jika iya anda bisa menggantinya dengan makanan sehat lainnya.

  • Siapkan menu makanan dengan sajian yang menarik

Jika pada step anda berhasil anda dapat  melanjutkan step yang kedua yaitu dengan mengenalkan makanan dengan sajian yang menarik agar anak anda tidak merasa jenuh. Mengenalkan jenis makanan pada anak memang butuh kesabaran yang penuh jadi jangan paksakan mereka jika tidak ingin makan makanan tersebut tapi anda dapat memeberi contoh dengan cara mengkonsumsi makanan tersebut sehingga membuat mereka tertarik untuk ikut mengkonsumsinya.

  • Ajaklah mereka untuk ikut mempersiapkan makanan

Jika anak anda sudah memasuki usia batita anda dapat mengikut sertakan mereka untuk mempersiapkan jenis menu makanan yang ingin mereka konsumsi. Libatkanlah mereka untuk mempersiapkan makanan dari proses memasak hingga cara penyajiannya dengan begitu mereka akan lebih semangat untuk makan.

  • Campurkanlah makanan yang tidak mereka sukai dengan makanan yang mereka sukai

Bagi anak anda yang tidak menyukai sayuran dan beberapa jenis buah – buahan anda dapat mencampurkan kedalam makanan yang mereka sukai seperti nugget sayuran atau pudding buah.

  • Biarkan mereka makan sendiri

Biarkan saat mereka maka sendiri menggunakan tangan atau sendok dan jangan marahi saat makanannya berserakan. Berikan porsi yang cukup agar mereka bisa menghabiskannya.

  • Berikan pujian saat mereka menghabiskan makanannya

Tips yang terakhir bagi para orang tua berikanlah anak anda pujian saat mereka melahap habis makanannya agar mereka merasa senang dan akan menghabiskan makanannya saat waktu makanan yang selanjutnya.

Nah itulah beberapa tips agar tidak pilah pilih makanan pada anak yang perlu orang tua ketahui. Luangkanlah waktu anda untuk mengajak mereka memasak di dapur. Semoga bermanfaat ya bunda. Baca juga yuk tentang Iniloh Bunda Tips Tepat Agar Anak menghabiskan Bekal Sekolahnya

author
No Response

Leave a reply "6 Tips Cerdas Agar Anak Tidak Pilah Pilih Makanan"