6 Tips Memilih Nama Bayi yang Baik

No comment 1831 views

nama bayi

Nama bayi- Apakah Ibu dan suami sedang mempersiapkan nama bayi untuk calon buah hati? Sembari menunggu kelahiran, memilih nama adalah saat-saat yang membahagiakan yang dapat dilakukan bersama pasangan ataupun keluarga.

Nama adalah identitas yang sangat penting untuk mengenali seseorang. Selain itu, biasanya di dalam memilih nama orang tua selalu menyisipkan doa dan harapan yang baik, sesuai dengan makna dalam nama tersebut. Nah, dalam mempersiapkan nama bayi yang baik, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan? Berikut informasinya untuk Anda:

  1. Indah dan serasi

Kolaborasi nama depan, tengah, dan akhir dapat menentukan keserasian dan keindahan sebuah nama. Pilihlah nama yang indah untuk didengar dan mimiliki keserasian, baik dengan kolaborasi namanya maupun dengan nama keluarga Anda. Nama yang indah tidak selalu yang berbau modern atau mirip dengan artis idola Anda. Sejatinya, keindahan sebuah nama terdapat dalam makna dan doa yang ada di dalamnya.

  1. Unik

Selain indah, mencari nama bayi yang unik dan menarik adalah pekerjaan bagi orang tua. Nama yang unik dan berbeda dengan nama-nama yang telah ada, akan membuat anak Anda nantinya mendapat perhatian khusus ketika ia memperkenalkan diri di kelas atau bahkan ketika sudah menjadi dewasa. Ia akan lebih cepat dikenali karena namanya yang unik.  (Baca juga: Tips Memilih Nama Bayi yang Baik)

  1. Makna positif

Di balik sebuah nama, tersisip doa dan harapan orang tua agar kelak anaknya dapat menjadi sosok seperti yang ada pada makna namanya. Untuk itu, sebagai orang tuamemilih nama hendaknya tidak hanya mempertimbangkan unsur keindahannya saja, melainkan harus memikirkan makna di balik nama tersebut.

  1. Panggilan dan pengucapan yang mudah

Dalam memilih nama anak, pikirkan juga nama panggilan untuknya kelak. Hendaknya, nama panggilan tetap memiliki hubungan yang serasi dengan nama panjangnya. Jangan lupa, memilih nama panggilan juga harus memperhatikan pengucapannya. Nama-nama dengan ejaan yang kebarat-baratan akan terlihat susah untuk diucapkan, terutama bagi nenek atau kakeknya. Bukankah akan merepotkan jika harus selalu meralat orang yang salah memanggilnya?

  1. Sesuai jenis kelamin

Bila jenis kelamin calon buah hati sudah diketahui, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyiapkan nama anak. Akan tetapi bila jenis kelaminnya belum diketahui, lebih baik menyiapkan dua nama untuk anak laki-laki dan perempuan. Usahakan nama yang dipilih adalah nama yang sesuai untuk jenis kelaminnya sehingga tidak terdengar aneh bagi orang lain ketika memanggilnya.

  1. Terlalu panjang atau pendek

Tahanlah keinginan untuk memasukkan semua nama yang Anda sukai sehingga membuat nama tersebut terlalu panjang. Nama yang terlalu panjang akan terdengar tidak biasa bagi kebanyakan orang, sehingga ketika ia tumbuh nanti bisa saja menjadi bahan tertawaan teman-temannya di sekolah. Namun demikian, jangan lantas memberikan nama yang super pendek juga. Berikanlah nama yang sedang-sedang saja, misalnya terdiri dari 2 hingga 3 kata.

Nah, sekarang Anda sudah memiliki ‘rambu-rambu’ untuk memilih nama bayi, bukan? Pastikan Anda tidak terjebak untuk memberikan nama yang terdengar keren, tapi tidak bermakna. Lantas, apa nama yang sudah Anda persiapkan untuk calon buah hati?

author
No Response

Leave a reply "6 Tips Memilih Nama Bayi yang Baik"