8 Tips Pintar Perawatan Luka Operasi Caesar Dirumah!

perawatan luka caesar dirumah

Perawatan luka caesar dirumah – Akibat karena pertimbangan, kini banyak proses melahirkan yang dilakukan secara caesar. Pemulihan setelah melahirkan secara caesar memerlukan waktu penyembuhan dan perawatan yang lebih lama dibandingkan dengan melahirkan secara normal. Disamping itu, perawatan luka caesar juga harus dilakukan dengan benar untuk menghindari resiko – resiko yang tidak di inginkan.

Yang bisa diakibatkan dari perawatan luka caesar yang tidak benar bisa menyebabkan infeksi pada luka atau bahkan juga bisa menyebabkan kematian yang dikarenakan infeksi kronis pada luka bekas operasi caesar. Nah berikut adalah tips cerdas dan aman perawatan luka caesar dirumah yang bisa bunda lakukan kapan saja :

Cara perawatan luka bekas operasi caesar dirumah

  • Tips merawat luka operasi caesar dirumah

– Luka bekas operasi caesar umumnya akan ditutup dengan menggunakan plaster tahan air oleh dokter. Hal ini dilakukan karena sebagai bentuk pencegahan agar luka bekas operasi caesar tidak terkena air dan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Agar luka bekas operasi caesar selalu kering maka saat madi anda disarankan untuk membersihkan leher hingga lokasi plester. Bersihkan badan dengan handuk yang bersabun dan kemudian bilas badan dengan handuk yang telah dibasahi oleh air. Hidarilah tetesan air mengenai bagian plaster. Sedangkan untuk muka dan bagian tubuh dibawah plaster luka anda dapat membersihkan seperti biasanya.

– Setelah selesai mandi, bersihkan luka bekas caesar menggunakan larutan antiseptik yang diberikan oleh dokter. Kunci utama agar luka bekas caesar cepat sembuh adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan luka agar terhindar dari infeksi.

– Kenali gejala – gejala luka operasi caesar yang berkemungkinan terkena infeksi seperti kemerahan, pembengkakan, keluarnya cairan dari sela – sela jahitan ataupun juga timbul luka lain disela – sela jahitan. Jika anda mengalami salah satu gejala seperti ini dan disertai dengan sakit kepala, demam, atau bahkan merasa tidak enak badan anda harus segera menemui dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

– Selama luka yang ada diluar belum kering benar, jenis pakaian yang anda kenakan harus diperhatikan. Lebih aman jika anda menggunakan pakaian yang longgar seperti kaos oblong, daster atau baju terusan panjang seperti gamis. Pemilihan baju yang longgar ini untuk menghindari luka dengan bahan pakaian.

– Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga harus dilakukan seperti mengkonsumsi makanan sehat pastikan anda juga mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan. Dan jangan lupa meminum air putih yang banyak karena bermanfaat untuk pemulihan luka dan juga pembentukan sel – sel baru. Mengkonsumsi protein juga baik untuk mempercepat penyembuhan luka bekas caesar tapi anda juga harus pintar – pintar dalam pemilihan protein.

– Perbanyak minum air putih. Dengan mengkonsumsi banyak cairan selama proses penyembuhan, maka akan menggantikan volume cairan yang hilang saat melahirkan dan menyusui dan tentu ini dapat mencegah sembelit.

– Lakukan aktivitas yang ringan. Hindarilah aktivitas berat seperti mengangkat beban, mengemudikan mobil atau melakukan olahraga yang normal. Anda dapat melakukan olahraga dengan cara berjalan kaki saat pagi sekitar 30 menit karena bisa membantu memperlancar sirkulasi darah dan membantu proses penyembuhan luka caesar.

– Lakukan kontrol sesuai jadwal untuk memastikan perkembangan dari kesembuhan luka bekas operasi Caesar tersebut, tetapi jangan tunda waktu kunjungan ke dokter jika terdapat gejala-gejala sebagai berikut:

  • Luka bekas operasi terlihat kemerahan, bengkak atau terdapat cairan yang keluar.
  • Demam lebih dari 38 derajad Celsius.
  • Nyeri hebat pada luka bekas operasi.

Nah itulah beberapa trik perawatan luka caesar dirumah yang bisa bunda coba melakukannya. Selama anda menjaga kebersihan dan kekeringan luka, menjaga pola makan sehat dan bisa menahan diri untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berat maka luka caesar akan segera sembu dan juga akan terhindar dari  resiko – resiko buruk. Selamat mencoba. Baca juga : Iniloh Penyakit Yang Sering Diderita Saat Hamil!

author
No Response

Leave a reply "8 Tips Pintar Perawatan Luka Operasi Caesar Dirumah!"