Kenali 5 Jenis Tangisan Bayi Berikut Ini

No comment 836 views

tangisan bayi

Tangisan Bayi – Halo Bu, apakah si Kecil kerap menangis? Yah, ketika si Kecil belum bisa mengungkapkan isi hatinya melalui perkataan, ia akan menunjukkannya melalui tangisan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua mengerti maksud dari tangisan bayi. Yuk, pahami arti tangisan bayi yang sudah dirangkum redaksi berikut ini:

  • Tangisan Karena Lapar

Menangis karena lapar memang hal umum yang biasa terjadi pada si Kecil. Biasanya, tangisan ini susah dihentikan dalam waktu lama. Jika si Kecil menangis karena lapar, juga ditandai dengan berkali-kali memasukkan jarinya ke dalam mulut dan menarik-narik baju. Ia pun akan terhenti sesaat saat Anda menengoknya sebentar. Namun, tak lama kemudian ia akan kembali menangis bahkan makin keras. Saat Anda sudah menyodorkan ASI atau botol susunya, tangisan tersebut perlahan akan terhenti dengan sendirinya.

  • Tangisan Tidak Nyaman

Saat Anda mendengar si Kecil tiba-tiba menangis, bergegaslah untuk melihat popoknya atau suhu ruangan. Popok yang basah dan suhu ruangan yang panas dapat mengurangi kenyamanan si Kecil. Segeralah ganti popoknya tersebut dan kipaslah badannya dengan pelan agar tangisannya segera terhenti.

  • Tangisan Kelelahan

Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil pun bisa merasakan kelelahan meski hanya bisa berbaring seharian. Ketika ia menangis diikuti dengan gerakan tangan yang menggosok-gosok matanya yang menunjukkan rasa kantuk, hal ini mengartikan  tangisannya tersebut karena ia cukup lelah. Cobalah untuk memutarkan musik klasik dan menggendongnya agar ia cepat tertidur. Jika Anda berada di ruangan yang penuh orang, pindahlah ke tempat yang sepi dan tenang agar ia dapat beristirahat.

  • Tangisan Kesepian

Bukan hal yang aneh ketika di dalam ruangan seorang diri, si Kecil tiba-tiba menangis. Tangisan ini bisa jadi menandakan bahwa ia sedang kesepian karena tidak melihat Anda dihadapannya. Oleh karena itu, pastikan Anda melihatnya setiap saat meskipun sedang sibuk membereskan rumah. Panggillah namanya dari jauh agar ia tetap tenang karena merasa dekat dengan Anda.

  • Tangisan Kesakitan

Tangisan ini biasanya diikuti dengan suara jeritan yang sangat keras. Segeralah datang pada si Kecil dan lihatlah kondisi badannya dengan baik. Bisa jadi kakinya terjepit bantal sehingga si Kecil kesusahan untuk bergerak.

Nah, itulah beberapa jenis tangisan bayi yang harus dipahami orang tua. Meski saat ini merupakan pengalaman pertama merawat bayi, tetapi semuanya akan terbiasa dengan sendiri, kok! Jangan tinggalkan si Kecil sendiri, ya!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 5 Jenis Tangisan Bayi Berikut Ini"